7 Amalan Sunah yang Dianjurkan saat Hari Raya Idulfitri, Sudah Tahu Belum, Dears?

Ramadan sebentar lagi berakhir. Tak terasa hampir sebulan kita ada di bulan suci nan mulia ini. Seusai Ramadan, idulfitri pun tiba. Hari raya terbesar umat Muslim. Hari kemenangan dan kembali fitri bagi umat yang telah lulus menjalankan ibadah puasanya.

Gempita Hari Raya Idulfitri makin dekat dan kian terasa. Hari kemenangan umat Muslim yang telah menyelesaikan sebulan berpuasa. Semoga amalan kita semua berbuah pahala dan diterima oleh Allah SWT.

Ada suatu amalan yang dianjurkan, dan jika dilaksanakan oleh umat Muslim akan berpahala. Amalan ini dinamakan amalan sunah. Berikut ini ada 7 amalan sunah yang jangan sampai terlewatkan saat Idufitri. Simak, ya, Dears!

1. Membersihkan Diri dengan
Mandi, Bersiwak dan Memakai Wewangian

Saat Hari Raya Kemenangan atau Idulfitri hendaklah membersihkan diri dengan mandi, bersiwak atau sikat gigi dan memakai wewangian. Hendaklah setiap muslim terlihat bersih karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Nantinya kita akan salat Idulfitri dan berinteraksi dengan yang lain, maka jagalah penampilan kita.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

“Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam biasa mandi pada hari raya Idulfitri dan Iduladha.” (H.R. Ibnu Majah)

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Dan bila ada minyak wangi maka sentuhkanlah darinya (pada pakaian dan badan), serta hendaknya kamu bersiwak,” (H.R. Ibnu Majah. Dinilai hasan oleh Syaikh Al-Albani).

2. Memakai Baju yang Terbaik dan Sopan

Idulfitri diidentikkan dengan baju baru, padahal semuanya tidak harus selalu baru, yang penting menggunakan baju terbaik dan sopan, Dears.

Al-Haifz Ibnu Jarir berkata,

“Diriwayatkan dari Ibnu Abu Dunya dengan sanad shahih sampai ke Umar bin Khathab, bahwa beliau mengenakan baju yang terbaik pada dua hari raya (Idulfitri dan Iduladha).” (HR. Al-Baihaqi)

3. Makan sebelum Salat Ied

Sebelum salat Idulfitri, disunahkan makan terlebih dahulu untuk menunjukkan bahwa pada hari kemenangan ini tidak berpuasa.

Buraidah radhiyallahu ‘anhu berkata:

“Adalah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam tidak keluar pada hari Idulfitri, sehingga beliau makan… (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

4. Mengambil Jalan yang Berbeda saat Salat dan Pulang Salat Idulfitri

Amalan lain yang disunahkan adalah mengambil jalan yang berbeda saat menuju dan pulang dari salat Idulfitri. Ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dengan sesama saat bertemu dengan tetangga selepas salat Ied dan bersalaman.

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:

“Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika hari ‘ied beliau mengambil jalan yang berbeda pada saat berangkat dan pulang,” (HR. Bukhari)

5. Bertakbir

Bertakbir merupakan sunah yang perlu dijalankan. Saat Idulfitri sangat lekat dengan suara takbir, saat keluar rumah, hingga saat dimulainya salat Ied.

Allah Swt berfirman:

“… Hendaklah kamu (bertakbir) mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. al-Baqarah : 185)

6. Salat Idulfitri sebanyak 2 Rakaat

Menurut jumhur (sebagian besar) ulama, salat Ied hukumnya sunnah muakkad. Akan tetapi kalangan ulama Madzhab Hanafi memandang bahwa salat Ied hukumnya wajib ‘ain.

7. Mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri

Ketika bertemu dengan kerabat, sahabat dan tetangga hendaklah mengucapkan:

“Taqabbalallahu minna wa minkum”

Artinya: Semoga Allah SWT menerima amal kami dan kalian.

Al-Hafiz Ibnu Hajar berkata,

Dari Jubair bin Nufair beliau mengatakan: “Dahulu apabila para sahabat Rasulullah bertemu di Hari Idulfitri, mereka saling mengucapkan, ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’ (semoga Allah menerima amal kami dan kalian).” (Fathul Bari, 2 : 446, Sanadnya Hasan)

Dears, inilah 7 sunah yang jangan sampai dilewatkan saat Hari Raya Idufitri. Selamat datang Hari Kemenangan, semoga kita semua kembali fitri. Semoga amal ibadah kita semua diterima dan dicatat sebagai kebaikan di sisi-Nya ya, Dears.

Aamiin….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *