7 Alasan Mengapa Tas Tali Kur Harganya Mahal, Cari Tahu, yuk, Dears!


Dears, pernahkah kamu melihat tas tali kur yang cantik dan unik sehingga kamu terpesona dengan tas buatan tangan tersebut? Bisa jadi kamu berpikir tas tali kur harganya di atas rata-rata tas pada umumnya. Jika dilihat dari bahan bakunya, yaitu tali kur yang relatif mudah didapat, rasanya tak mungkin harga tas tersebut dibandrol dari mulai Rp100.000 sampai Rp1.000.000.

Kamu pengen tahu alasan kenapa harga tas tali kur ini mahal? Yuk, simak 7 alasannya!

1. Unik dan Bernilai Seni Tinggi

Siapa sangka tali yang biasa kita temui di pasaran ini bisa diolah oleh tangan-tangan kreatif menjadi tas yang bernilai seni tinggi yang disukai masyarakat Indonesia maupun manca negara. Tak dapat dimungkiri tas tali kur dengan motif dan warna pilihan yang indah menjadikan tas ini mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Salah satu motif yang sangat populer sampai saat ini adalah motif daun kombinasi, atau lebih populer dengan nama motif bule. Ini karena tas motif daun ini diperagakan oleh seorang bule cantik yang sedang berpose dengan memegang tas tali kur di tangannya.

2. Pengerjaannya Tidak Menggunakan Alat sehingga Waktu yang Dibutuhkan Lama

Berbeda dengan hasil kerajinan rajut ataupun sulaman yang memakai jarum maupun hakpen dalam proses pembuatannya, tas tali kur ini dikerjakan tanpa alat, Dears. Pengrajin tas tali kur ini hanya mengandalkan keahlian jari-jemari tangan saja dalam menganyam tali kur sehingga terbentuklah tas dengan motif yang sangat cantik dan menarik. Karena tidak menggunakan alat ini pulalah tas tali kur memakan waktu dalam pengerjaannya. Untuk ukuran tas pesta saja tas tali kur ini memakan waktu hingga empat hari, lho, apalagi jika tasnya berukuran besar.

3. Tidak Pasaran

Lain dengan tas buatan pabrik yang diproduksi dengan skala banyak dalam satu kali produksi, tas tali kur ini diproduksi secara eksklusif, satu per satu, dengan motif dan ukuran yang berbeda. Jika pemesan menginginkan tas yang sama persis dengan contohnya maka pasti akan ada bedanya, baik dari ukuran, aksesoris, warna, dan tingkat kerapian tas tersebut. Hal inilah yang menjadikan tas talikur tidak pasaran.

4. Proses Pembuatan Butuh Konsentrasi dan Ketelitian Tinggi

Jika ada kesalahan hitung dalam menyimpul tali ataupun lilitan dalam proses pengerjaan tas tali kur, maka tas ini akan langsung terlihat tidak proporsional dan kurang enak dipandang. Bisa saja motif yang tercipta akan miring, atau tapak tas tidak rata di salah satu sisinya. Oleh karena itu, pengrajin tas tali kur butuh ketelitian dan imajinasi yang tinggi. Tak jarang untuk memuaskan pelanggannya, pengrajin tas tali kur mengikuti tutorial berbayar untuk menambah ilmu tentang pembuatan tas ini.

5. Tidak Semua Orang Bisa dan Mau Mengerjakan

Bisa dan mau adalah hal berbeda, ya, Dears. Ada orang yang mau mengerjakan tas tali kur, tapi ternyata setelah dicoba ternyata tidak bisa. Ada yang bisa mengerjakannya, namun enggan dan tak mau lagi. Hal ini disebabkan dalam pembuatan tas talikur banyak motif yang rumit, kadang harus berulangkali bongkar dan pasang lagi demi hasil yang memuaskan. Selain itu, jemari tangan akan lecet dan terasa perih saat menyimpul tali kur, bahkan dapat muelepuh di saat kena api sewaktu menyambung tali kur.

6. Beda Tangan, Beda Hasil

Hasil karya satu pengrajin dengan pengrajin lainnya tidaklah sama, karena setiap pengrajin memiliki teknik dan cara pembuatan masing-masing. Seorang pengrajin akan mengkreasikan tas tali kurnya agar terlihat berbeda dengan hasil karya pengrajin lainnya. Seringnya pengrajin berinovasi mengakibatkan banyaknya motif baru yang tercipta.

7. Harga Bahan Baku Mahal di Beberapa Daerah

Tidak seperti di pulau Jawa di mana harga tali kur terbilang cukup terjangkau, maka di luar pulau Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua harga tali kur terbilang mahal, bahkan mencapai tiga kali lipat harga di Puau jawa. Dengan mahalnya bahan baku ini sudah pasti mengakibatkan harga jual yang juga tidak murah.

Dears, tas tali kur memang unik dan bernilai seni tinggi. Meski ada 7 alasan mengenai harga tas yang lumayan mahal, tapi coba lihat hasilnya, cantik, bukan? Kamu suka enggak, nih, dengan tas unik tali kur ini??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *