diet

6 Tips Yang Buat Program Diet Kamu Sukses, Bye bye Obesitas!

Mempunyai berat badan ideal adalah impian semua orang. Berat badan ideal tidak hanya mendukung penampilan namun juga bermanfaat bagi kesehatan. Tidak sedikit orang yang sudah terserang beragam penyakit akibat obesitas. Diet pun menjadi solusi untuk dapat menurunkan berat badan. Namun faktanya, kebanyakan orang merasa sulit menjalani program diet untuk memperoleh berat badan ideal.

Dears, berikut ada 6 tips untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Yuk, simak!

1. Jangan fokus pada timbangan

Timbangan memang sering kali menjadi patokan suksesnya program diet yang dijalani. Namun sebenarnya kamu tidak boleh terlalu fokus pada angka timbangan karena hal tersebut akan membuatmu stres. Ingat, hasil dari timbangan adalah seluruh massa tubuh kamu termasuk air, makanan, otot, lemak, dan lain-lain. Jadi jika kamu tidak buang besar selama beberapa hari, pasti timbangan kamu akan naik. Atau dalam kondisi massa otot kamu bertambah, pasti timbangan kamu juga naik. Hal tersebut belum tentu diet kamu gagal, bukan?

2. Bercerminlah

Karena timbangan tidak dapat menjadi patokan, kamu bisa memanfaatkan cermin untuk melihat progress diet kamu. Lihatlah bentuk tubuh kamu dengan cermin. Apakah ada perubahan? Apakah sudah mendekati bentuk tubuh ideal kamu? Apakah lemak di perut, lengan, dan paha sudah berkurang? Bisa saja dalam kondisi timbangan kamu tidak turun karena massa otot kamu meningkat, namun lemak kamu sudah terbakar. Dalam hal tersebut kamu dapat melihatnya melalui bentuk tubuh. Selain itu, kamu juga bisa memfoto full body setiap minggunya. Hal ini dapat menjadi motivasi tersendiri buat kamu setiap melihat perubahan pada bentuk tubuh kamu setiap minggunya.

3. Hitung kalori

Memang awalnya akan terasa sulit, namun lama-kelamaan kamu akan terbiasa. Hal ini akan sangat membantu program diet kamu. Ingat loh, diet itu adalah bagaimana cara kita untuk mengatur pola makan. Jika ingin menurunkan berat badan maka aturlah pola makan supaya defisit kalori. Sekarang sudah banyak kok aplikasi yang dapat membantu kamu untuk menghitung kalori pada makanan dan minuman. Ini juga bisa menjadi alarm bagi kamu ketika ingin mengkonsumsi sesuatu. Misalnya saja, 1 sendok minyak makan mengandung 100 kalori sedangkan 1 buah apel mengandung 80 kalori. Nah, kamu jadi dapat lebih bijak memilih makanan bukan?

4. Work out is a must

Diet tanpa olahraga adalah sia-sia, Dears! Kamu akan merasa lemas, emosi tidak stabil, dam berat badan kamu juga akan cepat kembali lagi. Olahraga dapat membantu kamu untuk membakar kalori dan meningkatkan massa otot kamu. Selain itu, kamu akan lebih menghargai apapun yang akan kamu konsumsi. Misalnya saja ketika kamu hendak akan mengkonsumsi sebuah donat yang mengandung 300 kalori, kamu akan ingat bahwa donat tersebut setara dengan kalori yang kamu bakar saat 300 menit berlari.

5. Jangan dengarkan kata orang

Mengubah pola makan memang tidak mudah apalagi jika berada di lingkungan sosial kita. Teman-teman kamu mungkin pada awalnya akan bertanya-tanya kepada kamu  mengenai pola makan kamu, atau bahkan ada yang meragukan kamu. Cuek saja, Dears! Tetaplah pada tujuan awal diet kamu. Kelak ketika kamu sudah mencapai berat badan ideal, mereka juga yang pasti akan bertanya tips diet dari kamu.

6. Jalani dengan bahagia

Yap, kamu harus menjalani program diet tanpa beban. Jangan pernah mengharapkan hasil yang instan. Kamu harus menyukai pola makan dan pola hidup kamu yang sekarang. Ketika kamu stres menjalani diet, hal itu akan meningkatkan hormon kortisol yang menyebabkan kadar gula darah kamu naik. Jadi be happy, ya,  Dears!

 

Nah, itu dia tips diet yang dapat kamu lakukan. Jangan menyerah ya,  Dears! Semangat diet!

 

Featured image: Photo by Lisa Fotios on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *