6 Menu Olahan Berbahan Utama Nasi yang Wajib Kamu Coba!

Ketika membicarakan tentang nasi, apa yang ada di benak kalian? Pasti banyak yang menjawab bahwa nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Indonesia bagian barat. Bahkan ada sebagian yang beranggapan bahwa belum makan jika belum makan nasi. Apa kamu termasuk salah satu diantaranya?

Jika selama ini yang dikenal hanya nasi putih dengan lauk pauk yang beraneka ragam, serta nasi goreng yang Indonesia banget, ternyata ada beberapa menu makanan lain yang menggunakan nasi sebagai bahan utama yang patut kamu coba. Mau tau apa saja?

Yuk, kita bahas 6 menu makanan yang menggunakan nasi sebagai bahan utamanya. Siapa tahu bisa menjadi referensi agar tidak bosan dengan menu nasi yang itu-itu saja.

1. Nasi Uduk

Siapa yang suka sarapan dengan nasi uduk? Nasi uduk merupakan salah satu menu favorit yang dipilih untuk sarapan. Nasi yang dimasak dengan santan dan menggunakan daun serai serta daun salam ini memiliki wangi dan cita rasa yang khas. Biasanya dilengkapi dengan sambal, tempe orek, bihun goreng dan telur dadar. Dengan berkembangnya zaman, masak nasi uduk juga bisa menggunakan rice cooker. Jadi sangat praktis untuk dicoba. Sesekali boleh, dong, mencoba memasak nasi uduk di rumah. Oya, selain untuk sarapan, nasi uduk juga banyak dijual pada malam hari, disantap dengan lele atau ayam goreng.

2. Nasi Bakar

Nasi yang satu ini andalan banget untuk makan siang. Dengan sensasi dibakar dengan menggunakan daun pisang, tentu saja mengeluarkan aroma dan rasa yang menggoda selera. Biasanya, di dalamnya juga dimasukan daun kemangi dan langsung dicampur dengan suwiran ikan atau ayam. Kebayang, dong, nikmatnya! Apalagi jika nasi bakar dibuat dengan level kepedasan yang mampu membuat kamu mengeluarkan keringat.

Nasi Bakar tidak hanya disajikan dipedagang kaki lima namun juga di restoran mewah. Kira-kira dimana tempat nasi bakar favorit di kotamu?

3. Nasi Kebuli

Buat kamu pecinta menu kambing-kambingan pasti tidak asing dengan nasi kebuli. Menu nasi satu ini identik dengan daerah Timur Tengah dan agak mirip dengan nasi kuning. Bedanya nasi ini memiliki rasa gurih karena nasinya sudah dibumbui terlebih dahulu dengan bumbu khas Timur Tengah. Saat menyantap nasi kebuli, biasanya dilengkapi dengan acar mentimun dan nanas serta sambal goreng kentang. Yang membuat nasi ini menjadi istimewa adalah tambahan daging kambing. Tapi tenang, buat  yang tidak suka atau tidak bisa mengonsumsi daging kambing bisa diganti dengan daging ayam atau mungkin tidak usah menggunakan daging.

4. Nasi Kuning

Siapa yang tidak mengenal nasi kuning. Salah satu varian menu berbahan utama nasi yang kerap muncul saat acara tujuh belas Agustus dan disajikan dalam bentuk tumpeng dengan aneka macam lauk pauk pendukung dan hiasan yang aduhai. Nasi kuning kadang juga dihadirkan saat acara tertentu, seperti acara syukuran. Warna kuning didapat dari parutan kunyit. Lauk pauk yang tidak bisa ditinggalkan saat menyajikan nasi kuning adalah tempe orek, telur dadar atau telur rebus, serta sambal.

5. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan salah satu menu populer dikalangan milenial. Tahukah kalian, ternyata ada dua versi nasi liwet, yaitu nasi liwet Solo dan nasi liwet Sunda. Letak perbedaannya adalah nasi liwet Solo menggunakan santan yang dicampur dengan beras saat memasak. Sedangkan nasi liwet Sunda tidak menggunakan santan.

Nasi liwet Sunda memakai bahan seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, serai dan lengkuas yang langsung dimasak dengan beras. Bahkan, ada juga yang langsung menambahkan petai dan ikan asin saat menanak. Nasi liwet Sunda biasa dihidangkan dengan ikan goreng, sambal dan lalapan.

Sedangkan nasi liwet Solo biasanya disajikan dengan cara nasi liwet disiram dengan lauk berupa sayur labu siam, sambal goreng hati, ditambah dengan ayam areh. Kadang juga ditambah lagi dengan telur pindang, garang asem dan gorengan. Sangat menggugah selera, bukan?

6. Nasi Tutug Oncom

Menu olahan nasi yang satu ini mungkin kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Nasi tutug oncom merupakan makanan khas yang berasal dari Jawa Barat. Tutug berarti menumbuk, jadi nasi tutug oncom adalah nasi yang diuleg atau ditumbuk dalam cobek atau lumpang bersama oncom. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat. Biasanya disajikan dengan lalapan, sambal dan lauk, seperti tahu dan tempe goreng, ikan asin, atau ayam goreng. Sepertinya, nasi tutug oncom ini bisa kamu masukan ke dalam list kuliner yang wajib dicoba.

Dears, begitu beragamnya varian menu yang menjadikan nasi sebagai bahan utamanya. Namun demikian, harus tetap menjaga jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsinya. Tetap imbangi dengan makan buah segar dan jus buah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *