Wajib Tahu! 6 Langkah Atasi Alergi Skincare, Tangani Segera Secara Tepat!

Selain harus pintar dalam memilih produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan, reaksi yang diberikan pada kulit wajah wajib pula diperhatikan. Cocok di satu jenis kulit, belum tentu cocok juga di jenis kulit lainnya.

Pemakaian skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menyebabkan alergi setelah pengaplikasian. Reaksinya pun beragam. Ada yang berupa gatal-gatal, kemerahan, kelupas, breakout, hingga sensasi terbakar pada kulit wajah.

Jika tidak ditangani secara tepat, justru akan memperparah kondisi kulit akibat alergi. Oleh sebab itu, yuk ikuti 6 langkah berikut sebagai penanganan bila terjadi reaksi alergi yang disebabkan oleh skincare yang kamu pakai.

1. Bila reaksi alergi langsung timbul, segera cuci bersih kulit wajah

Pict by,Okezone Lifestyle

Tidak cocok dengan skincare yang diaplikasikan, reaksinya bisa timbul secara langsung atau dalam jangka waktu tertentu. Jika kamu mengalami reaksi mendadak usai menggunakan suatu produk perawatan, segeralah cuci bersih kulit wajahmu. Untuk meredakan alergi yang disebabkan dari skincare kamu juga dapat menenangkan kulit dengan mengompresnya menggunakan es batu secara perlahan sampai reaksinya berkurang.

2. Jangan dilanjut, hentikan pemakaian produk yang menyebabkan alergi

Pict by,Tribun Jogja – Tribunnews.com

Jika Munculnya rasa gatal, kemerahan, hingga sensasi terbakar merupakan bukti ketidakcocokan pada skincare. Melalui laman bustle.com, Dr. Elizabeth Tanzi, seorang dermatolog tersertifikasi Washington D.C menyarankan untuk stop menggunaan produk yang sekiranya menjadi penyebab reaksi alergi. Jangan nekat melanjutkan pemakaian hanya karena sayang atau sudah terlanjur beli. Bagaimanapun, kondisi kulitmu jauh lebih penting.

3. Hindari menggaruk bagian wajah sekalipun terasa gatal

Pict by, Hipwee

Segatal apa pun reaksi alergi yang ditimbulkan, tahan keinginan untuk menggaruk bagian yang terasa gatal. Menggaruk kulit wajah yang gatal bisa menjalar pada iritasi atau parahnya, menyebabkan infeksi. Daripada keburu menyesal, biarkan reaksi alergi pada kulitmu sembuh terlebih dahulu. Dengan begitu, kemungkinan kondisinya tidak semakin memburuk dibanding pertama kali merasakan alergi.

4. Lakukan skin-fasting untuk sementara waktu

Pict by, Skincare.com

Skin-fasting atau puasa dari produk skincare berguna sebagai detoks sekaligus mengistirahatkan sejenak kulit wajah. Lakukan skin-fasting pada wajah yang terkena reaksi alergi setidaknya satu sampai dua hari. Dalam rentang waktu tersebut, kulit akan terbebas sementara dari penggunaan skincare, sehingga berkesempatan untuk meredakan alergi di bagian wajah selama melakukan puasa skincare.

5. Kurangi paparan langsung sinar UV pada wajah

Pict by, Harapan Rakyat Online

Paparan sinar UV secara langsung dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada kulit wajah yang sedang teriritasi dan sensitif karena efek alergi. Cara mengatasinya bisa dengan mengurangi waktu berada di luar ruangan. Selain itu, lindungi wajah yang terkena alergi dengan penutupnya agar tidak terjadi kontak langsung dengan sinar UV.

6. Kunjungi dermatolog untuk sesi konsultasi

Pict by, RSSing.com

Apabila reaksi alergi tak kunjung reda atau justru semakin parah dari keadaan awal, jangan ragu untuk konsultasi ke dermatolog terpercaya. Dengan konsultasi, kamu akan diberi resep untuk meredakan kulit agar cepat sembuh. Dilansir dari self.com, kemungkinan kamu akan disarankan untuk menggunakan beberapa produk seperti cleanser dan pelembab berbahan lembut. Menurut Dr. Nada Elbuluk, ahli dermatologi bersertifikat sekaligus asisten profesor di USC Keck School of Medicine, bisa jadi kamu akan dianjurkan untuk melakukan patch test yang berguna untuk menemukan bahan apa saja yang menjadi penyebab dari reaksi alergi kamu.

Cepat-cepat sadari bila skincare yang kamu aplikasikan memberi ketidaknyamanan karena itu adalah pertanda produk tersebut tidak cocok untuk kulit. Terlebih jika muncul gatal-gatal, kemerahan sensasi seperti kulit terbakar, atau indikasi lainnya.

Jika ditangani secara cepat dan tepat, kemungkinan besar dapat mencegah kondisi kulit menjadi lebih parah.

 

Featured image: Photo on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *