5+1 Tips Aman Berkendara Sepeda Motor untuk Para Hijaber

Dears, sebagai seorang muslimah, kamu wajib menutup aurat. Dalam segala kesempatan dan kegiatan, hijab harus dikenakan. Terutama saat ini, ketika seorang muslimah mempunyai banyak kegiatan yang tidak kalah sibuknya dengan kaum pria, sehingga memerlukan alat transportasi yang efektif dan efisien.

Keadaan lalu lintas yang selalu macet menyebabkan para muslimah berhijab memilih mengendarai sepeda motor sebagai sarana transportasi. Tak dimungkiri, alat transportasi roda dua ini memang nyaman dan lebih praktis digunakan dalam kondisi jalanan yang padat merayap.

Untuk kamu yang hobi berkendara dengan sepeda motor, 6 tips ini penting kamu ketahui agar leluasa saat mengendarai motor:

1. Hindari Menggunakan High Heels

Menggunakan high heels pada saat bekerja memang sangat menarik. Sayangnya, high heels menimbulkan keribetan tersendiri saat mengendarai sepeda motor. Hak sepatu yang runcing akan menyulitkanmu menapak sewaktu mengendarai sepeda motor. Jika terpaksa menggunakan high heels ada baiknya sepatu digunakan pada saat sampai di kantor.

2. Menggunakan Celana Panjang

Menggunakan celana panjang lebih memudahkan ketika kamu dibonceng atau ada di bagian depan sebagai pengendara. Dibandingkan menggunakan pakaian lain, menggunakan celana panjang membuat kamu lebih bebas bergerak, sehingga sepeda motor dapat seimbang.

3. Menggunakan Rok

Dears, kamu juga dapat menggunakan rok apabila tidak nyaman dengan celana panjang. Pilihlah rok yang tidak terlalu ketat atau terlalu lebar. Menggunakan rok yang ketat akan mempersulit ruang gerak, dan sebaliknya, menggunakan rok yang lebar juga membahayakan. Rok yang terlalu lebar mudah sekali tertiup angin dan dapat terjepit di roda sepeda motor.

4. Hijab yang Nyaman

Penggunaan hijab yang tebal sehingga berpunuk di bagian belakang membuat helm menjadi sempit. Kepalamu akan terasa tidak nyaman. Gunakanlah hijab yang tipis dan simpel, tak perlu banyak variasi di area sekitar kepala.

5. Gunakan Tas Ransel

Agar kamu leluasa membawa barang keperluan kantor, kuliah, atau sekolah, gunakan tas berbentuk ransel. Tas ransel ini mempermudah gerakanmu dan tidak menghalangi ketika sedang naik sepeda motor.

6. Gunakan Perlengkapan Bermotor

Jangan lupa, gunakan perlengkapan untuk mengendarai sepeda motor, yaitu helm, sarung tangan, dan jaket. Perlengkapan ini berfungsi sebagai pelindung bagi pengendara agar aman dan selamat di jalan raya.

6 tips bagi hijaber yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi ini terlihat sederhana, namun penting kita pelajari. Ingatlah untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam mengendarai sepeda motor, apalagi jika kamu adalah seorang muslimah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *