5 Varian Menu Takjil yang Menggugah Selera

Hari ini kita memasuki minggu kedua bulan Ramadan. Nggak terasa ya, Dears, tahu-tahu sudah seminggu aja kita berpuasa. Meskipun tahun ini kita melewati puasa saat pandemi, tapi, semoga itu tak menyurutkan semangat kita untuk meningkatkan kualitas ibadah. Shalat tarawih tetap bisa dikerjakan di rumah bersama keluarga, buka puasa tak harus bersama-sama di luar, tapi cukup di rumah.

Memang, banyak momen yang hilang, tapi kalau kita mau ambil hikmah dan pelajaran, sebenarnya pandemi mengajarkan banyak hal buat kita semua. Misalnya, bisa lebih dekat dengan keluarga dan menghabiskan waktu bersama. Menguatkan bonding antara kita dengan anak-anak. Mereka bisa puas main-main bareng Ayah atau Ibunya.

Pandemi juga menjadi cara kita untuk introspeksi diri. Belum tentu kita bisa sekhusyu’ ini ibadahnya, karena ketika semua berjalan normal, kita justru disibukkan dengan buka puasa bareng, acara mudik yang menjadi rutinitas rutin bagi yang merantau, dll.

Di saat seperti sekarang, kita pun jadi lebih peka dengan lingkungan sekitar terutama dengan orang-orang yang kesulitan. Jangan sampai kita hanya memuaskan diri sendiri, tanpa memikirkan kesulitan orang lain.

Baca Juga:

Bicara soal takjil untuk berbuka, pasti nggak lepas dari yang namanya kolak dan es buah. Tapi, apakah takjil hanya itu-itu aja, Dears? Rupanya nggak juga, lho. Intip yuk, sajian berbuka yang bisa kamu buat juga di rumah sebagai salah satu santapan wajib ketika adzan Magrib berkumandang,

Salad Buah

Foto: Pexels.com

Menu ini nggak asing di telinga kita. Salad buah juga cocok disantap saat berbuka. Dibuat dari potongan buah-buahan segar seperti anggur, apel, melon, semangka, stroberi, hingga jeruk. Ditambahkan saus yang dibuat dari campuran yogurt, air lemon, susu kental manis, mayonaise, serta parutan keju. Hmm, membayangkannya saja sudah membuat kita menelan ludah, ya. Nggak sabar, kan segera membuatnya menjelang berbuka nanti.

Es Kolding

Foto: mystalk.net

Yuhuu, kamu pasti eneg dong kalau makan kolak terus menerus. Yup! Kali ini kamu bisa membuat varian kolak lainnya yakni kolding! Kolding atau kolak dingin biasanya dibuat dari serutan es, buah pisang yang dikukus dan dipotong, kolak kaling, ketan, cendol, roti tawar, kemudian disiram dengan santan kental yang telah direbus sebelumnya dengan daun pandan. Tak lupa diberi siraman gula merah yang telah dicairkan sebelumnya. Hmm, yummy! Kolding siap menjadi salah satu menu takjil favorit untuk berbuka nanti.

Varian Berbeda Es Kelapa Muda

Foto: Pexels.com

Bosan dong dengan es kelapa muda yang itu-itu saja. Kamu bisa membuat varian lain dari es kelapa muda yang lebih segar, lebih enak, dan tentunya tetap mudah dibuat. Misalnya dengan mencampurkan buah ke dalam es kelapa muda yang kamu buat.

Kamu bisa memasukkan perasan air jeruk ke dalamnya, potongan buah nangka, sirsak, hingga durian. Du duh, benar-benar bikin ngiler, ya!

Pudding

Foto: Pexels.com

Pudding dingin yang disajikan bersama vla homemade pasti menggugah selera. Cocok disantap saat berbuka puasa. Nggak salah, jika pudding menjadi salah satu menu yang disukai banyak orang karena selalu cocok dimakan kapan aja.

Kamu bisa membuat varian pudding cokelat, pudding buah, hingga yang lainnya. Pastikan bahan-bahan yang kamu pilih berkualitas. Contohnya saat membuat pudding cokelat, kamu bisa memilih bubuk cokelat berkualitas supaya rasa puddingmu tetap nikmat.

Smoothie

Foto: Pexels.com

Sudah enak, sehat pula! Siapa yang bisa menolak kelezatan smoothie? Biasanya smoothie dibuat dari campuran susu atau yogurt ditambah buah-buahan. Dihaluskan menjadi satu. Nggak perlu tambahan gula. Begitu saja sudah enaak banget, lho, Dears.

Untuk varian buahnya, kamu bisa menggunakan pisang, stroberi, dll.

Gimana, masih semangat, kan melaksanakan ibadah puasanya? Jangan sampai pandemi ini menjadi alasan untuk kamu bersedih, ya. Justru saat seperti inilah kita bisa meningkatkan kualitas ibadah kita. Semangat, ya!

 

Featured image: Photo on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *