5 Tips Terhindar dari Kosmetika Palsu dan Ilegal

Dears, beberapa waktu yang lalu, kepolisian Indonesia membongkar kasus penjualan kosmetika ilegal. Padahal kosmetika ini banyak menggunakan artis-artis terkenal dalam promosinya.

Sebenarnya apa sih bedanya kosmetika ilegal dengan kosmetika palsu?

Kosmetika ilegal adalah produk kosmetik yang tidak mempunyai izin untuk dipasarkan. Sedangkan kosmetika palsu adalah produk kosmetika yang mereknya sebenarnya sudah mempunyai izin edar, tapi oleh oknum tertentu dipalsukan isinya (kosmetika oplosan) atau kemasannya.

Untuk menghindarkan diri kita dari kosmetika ilegal dan kosmetika palsu, yuk simak beberapa tips berikut ini :

 

1. Selalu Beli Kosmetika di Counter Resmi

Counter resmi ini biasanya terdapat di mall, pasar swalayan, atau drugstore. Kalau kosmetika ilegal tidak mempunyai counter resmi. Biasanya pemasarannya lewat jalur online atau dari mulut ke mulut.
Kosmetika yang dijual di counter resmi terjamin keasliannya, karena barangnya diperoleh melalui jalur distribusi yang resmi juga.

2. Perhatikan Kemasannya

Pada kosmetika yang legal, dikemasannya akan tercantum keterangan seperti : merek produk, nomor izin edar dari BPOM, komposisi produk, cara pemakaian, tanggal kadaluwarsa, kode produksi, nama produsen dan segel/tanda tertentu (untuk menghindari pemalsuan).
Dengan adanya nomor izin edar BPOM berarti kosmetika tersebut telah melalui rangkaian pemeriksaan oleh BPOM dan terjamin keamanannya.

Produk kosmetika yang diimpor secara resmi juga harus mempunyai nomor izin edar dari BPOM, di kemasannya tercantum komposisi & cara pemakaian dalam bahasa Indonesia, juga dicantumkan nama perusahaan yang mengimpor.
Jangan lupa perhatikan juga warna kemasan, kondisi kemasan (masih mulus atau ada kerusakan), warna, dan bau isi produk untuk terhindar dari kosmetika palsu.

3. Jangan Mudah Tergiur Apabila Ada Kosmetika yang Menjanjikan Perubahan Instan

Tak perlu cepat tergiur saat ada iklan, “Pakailah produk x! Sekali pakai dijamin wajahmu menjadi cantik”. Apalagi bila produk kosmetikanya tidak memiliki keterangan seperti yang dibahas pada poin 2. Dikhawatirkan, kosmetika ini mengandung bahan-bahan berbahaya yang dalam jangka pendek mungkin bisa mengubah wajah secara instan, namun dalam jangka panjang justru bisa merusak wajah.

 

4. Segera Hentikan Pemakaian Suatu Produk Kosmetik apabila Timbul Efek Samping

Misalnya, tiba-tiba kulit wajah terasa sangat gatal dan panas, timbul jerawat berlebihan, dan kerusakan kulit lainnya. Segera pergi ke dokter kulit untuk ditangani, ya, Dears.

 

5. Konsultasikan Dulu dengan Dokter Kulit tentang Kosmetika Apa yang Cocok dengan Kulit kita

Kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, sehingga kebutuhan kosmetikanya juga berbeda. Terutama bila ada indikasi kulit sensitif, tentu saja tidak bisa memakai kosmetik sembarangan. Berhat-hatilah memilih kosmetik.

Semoga bermanfaat, dan jadilah konsumen yang cerdas ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *