5 Tips Sukses Orang tua Menghadapi Gen-Z di Masa IoT

Hi, Estrilookers!

Di era serba digital ini, segala sesuatu terasa begitu mudah, ‘kan, Dears? Berbagai hal bisa selesai dengan sekali pencet gawai saja. Gadget dan internet mampu membantu atau bahkan menggantikan kinerja manusia,  yang biasa disebut dengan IoT ( Internet of Things). Saat ini para orangtua Gen-Z dilanda dilema yang luar biasa. Mau tidak mau, anak harus mengenal dunia digital supaya mereka mampu bersaing di era industri 4.0 atau bahkan industri 5.0. That’s why, orangtua mempunyai peran yang sangat penting dalam membimbing dan mengarahkan dengan baik para Gen-Z untuk siap menghadapi perkembangan teknologi yang semakin maju. Kamu wajib tahu 5 cara tepat menghadapi Gen-Z. Check this out, Dears.

Bekali  dengan Ilmu Agama

Meskipun perkembangan zaman semakin lama semakin pesat, ilmu agama tetap menjadi  hal yang paling penting dan utama ditanamkan pada diri Gen-Z. Dengan pondasi ilmu agama yang kuat, maka dampak negatif IoT (Internet of Things) tidak akan berpengaruh terlalu signifikan terhadap diri   Gen-Z. So, keep them dengan tetap mendalami ilmu agama dengan baik, ya, Dears.

Melek Internet

Sebagai pemegang peran yang sangat penting untuk membimbing anak kita mengikuti perkembangan zaman, pasti orangtua pun juga harus mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada atau bahkan bisa lebih maju.  Orang tua Gen-Z dituntut untuk selalu up to date. Karena sekarang merupakan masa IoT (Internet of Things)  yang serba berbasis internet, maka orangtua wajib melek internet supaya bisa terus membimbing dan memantau perkembangan anak dalam segala hal seperti dalam menggunakan internet. Selain itu, kamu juga dapat mengenalkan bagaimana cara menggunakan teknologi yang sedang berkembang dengan bijak. Just do it, Dears.

Batasi Penggunaan Gadget

Selain memiliki banyak  manfaat, maraknya penggunaan gadget juga memiliki dampak negatif, Iho. Untuk meminimalisir dampak buruk gadget , cukup batasi anak menggunakannya maksimal satu sampai dua jam saja setiap hari. Jangan  sepenuhnya melarang anak menggunakan gadget karena anak tetap harus mengikuti perkembangan zaman. Jangan lupa tetap memantau dan membimbing mereka, Dears.

Bersikap Terbuka

Pada masa Iot ( Internet of Things), Gen-Z mampu berkembang dengan pesat sesuai dengan keinginannya. Cepatnya informasi yang didapatkan mampu mengubah pola pikir mereka dengan cepat pula. Di sini kamu perlu bersikap terbuka dan sering sharing dengan mereka. Jangan samakan Gen-Z dengan masa muda kamu, ya, Dears.  Segala sesuatu pada masa lalumu sangat berbeda dengan saat ini yang serba digital, cepat dan multitaskter. Be flexible parents. pastikan kamu bersikap bijak tanpa meninggalkan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

Motivasi Gen-Z Menjadi Pencipta

Perkembangan teknologi saat ini memudahkan para Gen-Z menerima informasi dari manapun. Mereka bisa berkeliling dunia hanya dengan gawainya. Selain orangtua perlu untuk membimbing mereka untuk mem-filter informasi dengan bijak, kamu juga harus memotivasinya untuk tidak hanya menjadi pengguna teknologi dan penerima informasi, namun juga mampu menjadi pencipta teknologi dan informasi. Dengan demikian, mereka mampu mengatur, menyaring, dan menyerap informasi yang benar-benar penting.

Itulah 5 tips cara menghadapi para Gen-Z di era IoT (Internet of things) dengan bijak. Pastikan mereka benar-benar bisa mengikuti perkembangan zaman dengan baik, karena mereka juga calon orangtua dari generasi berikutnya yaitu generasi alpha, yang pasti akan lebih canggih dari Gen-Z. Keep wise, ya, Dears.

 

Featured image: Photo by Pixabay on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *