5 Tips Mudah agar Khatam Alquran di Bulan Ramadan bukan Lagi Sekadar Impian

Dears, Ramadan adalah bulan di mana pahala dan amalan kita akan ditingkatkan. Salah satu amalan yang wajib kita tingkatkan adalah membaca ayat-ayat suci Alquran. Apalagi Alquran sendiri diturunkan pada tanggal 17 Ramadan, atau biasa kita kenal dengan Nuzulul Quran.

Pasti banyak di antara kita yang bercita-cita mengkhatamkannya di bulan suci ini. Alhamdulilah bila harapan itu bisa terwujudkan. Tapi kenyataannya, banyak juga yang ternyata gagal. Ada-ada saja alasan yang menggagalkan. Mulai dari rasa malas dan sebagainya. Padahal, dengan keinginan yang kuat, kita bisa menghancurkan semua alasan yang ada.

Nah, Dears, mari kita bertekad dengan sungguh-sungguh. Berikut adalah tips yang bisa kita praktikkan agar mempermudah khatam Alquran di bulan Ramadhan.

Mulai dari Sekarang

Biarpun Ramadan baru berjalan, tidak ada salahnya mulai dari sekarang membaca Alquran beberapa kali dalam sehari. Hal tersebut dengan pertimbangan adanya masa datang bulan bagi wanita sehingga mengakibatkan tilawah menjadi terjeda. Pertimbangan lain adalah semangat menggebu di awal kadang memudar di tengah jalan. Jadi jangan ragu, ayo, mulailah dari sekarang!

Baca 4 Halaman Sebelum atau Setelah Salat

Sekarang format pencetakan Alquran sudah seragam. Alquran ada 30 juz. Dalam 1 juz ada 20 halaman. Jika dibagi dengan salat lima waktu, maka setiap salat kita harus membaca 4 halaman. Dengan begitu, ketika hari terahir Ramadan, kita bisa mengkhatamkan Alquran.

Perbanyak Membaca Alquran di Waktu Pagi

Seperti kita ketahui, selepas salat tarawih biasanya mata sudah tidak bisa diajak kompromi. Oleh sebab itu, sebaiknya perbanyak membaca Alquran sebelum sahur, setelah sahur, atau pada pagi hari. Demikian supaya kita bisa mengantisipasi ketika jatah membaca malam terlewatkan.

Baca Alquran Ketika Perjalanan

Jika kita tidak mengendarai kendaraan sendiri, bisa kita isi waktu perjalanan dengan membaca Alquran. Hati lebih tenang, perjalanan pun lebih nyaman.

Baca Alquran Ketika Menunggu

Jika kita menunggu dalam waktu yang cukup lama, alangkah bermanfaatnya jika kita membaca Alquran. Waktu jadi tidak sia-sia, pahala pun tetap kita terima.

Nah, Dears, silahkan dipraktikkan, ya. Semoga niat kita dicatat sebagai amal baik sehingga dimudahkan pencapaiannya. Kita mendapat syafaat Alquran dan membawa keberkahan dalam kehidupan. Selamat membaca…. Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *