5 Tips Mengatasi Biang Keringat pada Balita, Nomor 5 Membuatmu Tak Percaya

Dears, Indonesia adalah negara tropis dimana suhu udara kadang meningkat dan menyebabkan cuaca yang panas. Pada kondisi seperti ini, kamu yang punya balita harus waspada. Selain menjaga agar balita tidak mengalami dehidrasi, kamu juga perlu meneliti apakah balita mengalami masalah pada kulit mereka. Salah satu masalah kulit yang bisa menimpa balita di saat musim panas adalah biang keringat.

Biang keringat adalah infeksi kulit akibat keringat yang tertahan karena pori-pori belum terbuka lebar. Ini biasanya terjadi pada balita, meskipun tidak menutup kemungkinan menyerang orang dewasa juga.

Apakah biang keringat ini mengganggu? Tentu saja. Berikut adalah 5 tips untuk mengatasi biang keringat pada balita agar kulit buah hati kita nyaman sepanjang hari.

Pilih Baju yang Menyerap Keringat

Di zaman milenial ini baju anak-anak semakin beragam, baik dari model, warna, dan juga bahannya. Namun, untuk anak, jangan hanya memerhatikan model bagus tetapi bahannya kurang nyaman dipakai. Apalagi jika musim panas dan keringat banyak, pilih baju yang menyerap keringat untuk mengurangi potensi munculnya biang keringat.

Usahakan Suhu Ruang Tidak Terlalu Panas

Jika musim panas datang dan rumah kita terasa panas, usahakan membuka jendela dan pintu agar udara masuk dengan leluasa. Dengan sirkulasi udara yang bagus, tentunya akan mengurangi keringat berlebih pada balita kita.

Mandi dengan Air Dingin

Jika suhu udara sedang panas dan anak-anak mudah berkeringat, hindari mandi dengan air hangat. Mandi dengan air dingin tentunya lebih menyegarkan dan tidak membuat anak cepat gerah.

Jangan Memakai Krim/Losion/Bedak Sembarangan

Jika sudah muncul bintik-bintik merah pertanda biang keringat, segera beri pengobatan yang sesuai. Jika ingin memakai krim/losion atau bedak harus diperhatikan sensitivitas kulit balita kita terhadap benda-benda tersebut.

Manfaat Tepung Kanji sebagai Obat Alami

Jika orang tua kita dulu menyarankan pengobatan biang keringat menggunakan tepung kanji, kita boleh saja mengikutinya. Namun, harus diperhatikan juga tingkat kebersihan dan keamanan dari pengobatan tersebut. Jangan sampai niat baikmu justru menimbulkan masalah baru.

Nah… Dears itulah beberapa tips mudah untuk menjaga balita kita dari serangan biang keringat di saat suhu udara sedang panas. Boleh dicoba, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *