5 Tips Atasi Masalah Kulit saat Berpuasa, Intip, yuk!

Dears, selama bulan Ramadan tentu banyak perubahan kebiasaan yang terjadi, seperti jam makan, waktu istirahat, serta aktivitas lainnya. Hal ini ternyata berpengaruh pada kondisi tubuh, temasuk  kulit.

Kesehatan kulit dipengaruhi oleh asupan makanan serta cairan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, ketika berpuasa, secara otomatis tubuh kekurangan cairan sehingga menyebabkan masalah kulit dan jika dibiarkan tentu akan mengganggu penampilan.

Lalu, apa saja sih masalah kulit yang biasanya dialami ketika berpuasa dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut yuk, Dears!

1. Kulit Kering

Foto: Pinterest.com

Masalah kulit yang sering muncul ketika berpuasa, yaitu kulit kering. Hal ini wajar karena ketika berpuasa kita tidak makan dan minum sama sekali di siang hari. Padahal ketika beraktivitas tubuh memproduksi urin serta keringat sehingga tubuh mengalami dehidrasi dan hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Tapi kamu tak perlu khawatir, Dears. Untuk mengatasi kulit kering, cukup dengan memenuhi asupan air yang diperlukan tubuh, yaitu 1,5 liter setiap sahur dan buka. Hindari mengonsumsi kopi serta minuman bersoda karena minuman tersebut justru akan menyerap kelembapan kulit dan memicu kulit kering.

2. Kulit Tampak Kusam

www.firmanway.com

Selain karena kurangnya asupan cairan, penyebab lain munculnya masalah kulit ketika berpuasa yaitu makanan yang banyak mengandung minyak. Salah satunya adalah gorengan. Ketika berbuka puasa biasanya menu gorengan menjadi salah satu menu favorit.

Tahukah kamu, Dears? Kandungan minyak pada gorengan  akan memicu produksi minyak berlebih pada kulit dan menyebabkan kulit tampak kusam. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan saat sahur maupun berbuka serta perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran agar kulit tampak cerah dan sehat.

3. Wajah Lelah dan Layu

Foto: Pinterest.com

Ketika berpuasa biasanya wajah akan tampak lelah dan layu. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya asupan nutrisi, mineral, serta vitamin. Selain itu, kurangnya istirahat dan tidur di malam hari juga dapat memengaruhi kesehatan kulit.

Hal ini dapat diatasi dengan mengatur menu sahur dan berbuka dengan makanan bernutrisi serta banyak mengandung vitamin dan mineral, seperti, sayur, buah-buahan, susu, ikan, daging, dan sebagainya.

4. Penumpukan Sel Kulit Mati

Foto: Pinterest.com

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Tentu hal ini tidak boleh dilewatkan, salah satunya dengan bertadarus setelah salat tarawih dan salat subuh. Hal ini tentu membuat waktu istirahat berkurang, sehingga dapat memengaruhi proses regenerasi sel kulit dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati.

Dears, tidak perlu cemas, ya. Hal ini dapat diatasi dengan mudah kok. Cukup lakukan proses scrubbing secara rutin pada kulit wajah, serta gunakan skincare yang mengandung AHA, BHA dan retinol.

5. Jerawat

Foto: Pinterest.com

Kebiasaan buruk ketika Ramadan, seperti terlalu banyak mengonsumsi gorengan, kurangnya minum air putih, terlalu sering makan yang manis-manis, serta kurang mengonsumsi serat ternyata dapat mengganggu proses metabolisme tubuh.

Dears, hal ini ternyata selain berdampak pada sistem pencernaan juga menjadi penyebab munculnya jerawat, lho. Nah, untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini kamu harus menjaga asupan nutrisi serta cairan, cukup istirahat dan jangan malas untuk membersihkan wajah.

Kamu juga dapat mencoba mengonsumsi air perasan jeruk nipis dan air nabeez (air rendaman kurma) ketika sahur untuk mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Jangan sampai masalah kulit yang muncul mengurangi kekusyukanmu dalam berpuasa ya, Dears. Selamat berpuasa dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *