5 Tips Ampuh Atasi Milia, si Bintik Putih di Bawah Mata

Wajah bersih dan mulus tanpa noda menjadi dambaan setiap orang terutama para wanita, benar ‘kan Dears? Namun, masalah kulit wajah seperti jerawat, kulit kusam, komedo bahkan milia menjadi masalah kulit wajah yang kerap timbul. Mungkin di antara masalah kulit wajah tersebut ada satu yang terdengar asing yaitu milia.

Dears, milia memang bentuknya menyerupai komedo namun berbeda. Milia merupakan bintik putih kecil yang berada di bawah mata. Milia merupakan masalah kulit wajah yang disebabkan oleh seringnya terkena paparan sinar matahari, penggunaan krim steroid dalam waktu yang lama, serta faktor lain.

Berikut ini 5 tips ampuh yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi milia. Intip, yuk!

1. Rutin Membersihkan Wajah

Foto: Pinterest.com

Milia merupakan masalah kulit wajah yang muncul karena adanya tumpukan protein keratin yang terperangkap di bagian bawah kulit terluar. Oleh karena itu, membersihkan wajah menjadi hal yang wajib. Pilihlah pembersih wajah yang cocok dan aman untuk kulitmu ya, Dears.

2. Rutin Menggunakan Sunscreen

Foto: Pinterest.com

Paparan sinar matahari selain dapat membuat kulit menjadi gelap, juga merupakan penyebab timbulnya milia. Agar kulit terhindar dari paparan sinar matahari langsung sebaiknya gunakan sunscreen ketika akan beraktivitas di luar.

Dears, ketika memilih produk sunscreen pastikan yang ada label oil-free ya, agar pori-pori wajah tidak tersumbat.

3. Lakukan Eksfoliasi Wajah

Foto: Pinterest.com

Milia juga dapat diatasi dengan melakukan eksfoliasi wajah, yaitu perawatan wajah yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran, seperti debu, sisa makeup dan sel-sel kulit mati.
Dears, eksfoliasi dapat dilakukan dengan cara alami, yaitu menggunakan campuran madu dan sedikit gula serta lemon, lalu oleskan pada bagian bawah mata. Lakukan secara perlahan agar tidak terjadi iritasi pada kulit.

4. Gunakan Krim Retinol

foto: Pinterest.com

Masalah kulit wajah seperti milia juga dapat diatasi dengan menggunakan krim retinol. Kandungan vitamin A yang terdapat pada krim retinol berfungsi untuk merangsang pergantian sel kulit mati serta meningkatkan produksi kolagen.

Untuk mengatasi milia, cukup aplikasikan krim retinol tipis saja di area milia berada ya, Dears.

5. Konsultasikan dengan Dermatologis

Foto: Pinterest.com

Dears, untuk mengatasi milia jangan mencoba memencetnya atau menggunakan jarum untuk mengeluarkannya, ya. Cara tersebut justru akan memperparah kondisi kulit wajah.

Jika ingin mengatasi milia dengan cepat, kamu dapat mengunjungi dermatologis untuk melakukan perawatan yang ampuh seperti chemical peeling atau laser.

Mengatasi masalah kulit wajah memang membutuhkan perawatan yang ekstra ya, Dears. Gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan yang bergizi serta mengandung vitamin juga perlu untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus bebas noda. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *