5 Tips Agar Anak Terhindar dari Bullying

Bullying menjadi hal mengkhawatirkan bagi setiap orang tua, banyaknya berita yang beredar tentang isu ini, membuat kita harus waspada terhadap segala sesuatu yang bisa saja menimpa anak, baik di sekolah ataupun di lingkungan sekitar. Apalagi, kita tidak bisa mengawasi mereka selama 24 jam penuh.

Lalu, bagaimana antisipasi kita sebagai orang tua menghadapi isu bullying ini? Setidaknya beberapa hal ini bisa kita persiapkan agar anak terhindar dari bullying.

1. Buat Anak Merasa Aman Tinggal di Rumah

Jika anak sudah merasa nyaman tinggal di rumah, maka saat ia menghadapi kesulitan, tidak ada tempat lain yang ia tuju selain rumahnya sendiri. Biasakan pula anak menjadikanmu teman curhatnya, sehingga kamulah orang pertama yang akan ia ceritakan, tentang bagaimana ia berkegiatan di luar rumah, termasuk apabila mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari orang lain.

2. Latih Anak untuk Berani Bercerita pada Sang Guru

Apabila kejadiannya di sekolah, maka, mau tidak mau sang wali kelas haruslah mengetahui keadaan yang sebenarnya. Untuk itu, ajarkan anak mengenai pentingnya membangun komunikasi yang baik dengan gurunya selama di sekolah. Sehingga ia tak akan canggung untuk bercerita apapun, selama hal tersebut menyangkut kegiatan belajar mengajar di sekolah.

3. Ajak Anak untuk Berdiskusi Mencari Solusi

Tidak membalas tindakan bully, tidak berdiam diri, serta menjawab dengan tegas atas perilaku tidak menyenangkan yang ia terima adalah beberapa contoh yang bisa kita ajarkan pada anak. Namun, diskusikan terlebih dahulu dampak positif dan negatifnya.

Seandainya perilaku tak menyenangkan tersebut berupa ejekan, membalas dengan kata serupa apakah akan menyelesaikan masalah? Ajak dia untuk berpikir semua konsekuensi atas ide yang ia dapatkan sendiri.

4. Tetap Beri Dukungan, Jangan Sampai Anak Kehilangan Percaya Dirinya

Dampak bullying memang sangat fatal, apalagi jika anak berkepribadian sensitif. Ia akan senantiasa memikirkan ucapan dari sang pelaku. Raihlah tangannya, yakinkan bahwa ia sangatlah istimewa dengan segala talenta yang dia miliki. Jangan biarkan cahayanya meredup hanya karena ia memikirkan hal yang tidak benar secara fakta.

5. Selain Percaya Diri, Latih Anak untuk Memiliki Keberanian Penuh Membela Diri

Pelaku bullying biasanya akan mencari korban yang pemalu, tidak memiliki teman, penakut serta tak percaya diri. Latih anak agar senantiasa memiliki keberanian untuk pertahanan diri. Tak hanya berupa olahraga beladiri, tetapi juga bagaimana ia bisa berkomunikasi dengan baik.

Dears, itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terjadinya bullying. Semoga bermanfaat ya.

 

*Artikel merupakan kiriman dari kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *