5 Tips Agar Anak Percaya Diri, Yuk, Pahami dan Lakukan Sedini Mungkin

Bicara tentang anak memang tak akan pernah ada habisnya. Mereka selalu memberi kebahagiaan dengan berbagai tingkah polahnya yang lucu dan menggemaskan.

Beberapa anak ada yang tampak sangat aktif saat bersenda gurau dengan temannya. Namun, ada pula anak yang sangat pemalu dan tidak percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Sebenarnya ini hal yang wajar, Dears, mengingat mereka masih dalam tahap pertumbuhan. Tapi sebagai orang tua, kita perlu mempersiapkan anak agar dapat lebih yakin memunculkan karakter pada dirinya.

5 tips berikut ini bisa menjadi solusi untuk kamu ikuti, Dears.

1. Beri Anak Kesempatan

Yang pertama adalah berikan anak kesempatan. Sebagian anak kurang percaya diri karena kurang diberi kesempatan oleh orang tua. Misalnya, bila ingin mencorat-coret tembok, kamu tidak perlu melarangnya. Ubah saja dan alihkan media corat coretnya di kanvas atau media lain. Tak perlu khawatir akan kotornya cat air yang berada di tangannya ya Dears, karena hal ini mampu melatih motorik otak anak agar lebih kreatif.

2. Latih Kemandirian Anak

Yang kedua ini juga penting. Melatih kemandirian anak bisa membuat anak mandiri dan tidak bergantung pada orang tua. Kamu bisa memulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu, misalnya : membiarkan anak untuk mandi sendiri, ganti baju sendiri dan makan sendiri.

3. Beri Apresiasi

Sering-seringlah kita sebagai orang tua memberi apresiasi dan pujian terhadap anak. Berikan anak tepuk tangan saat ia berhasil mengerjakan tugas dengan baik. Atau bisa juga memberikan hadiah dan ucapan selamat saat anak mendapat peringkat pertama di kelas. Hal ini dilakukan agar anak semakin berkembang dan terus menjadi pribadi yang lebih cerdas dan percaya diri.

4. Dekatkan Anak Dengan Ayahnya

Hal ini juga penting lho, Dears, karena sosok ayah adalah panutan keluarga. Jika seorang anak dekat dengan ayahnya maka secara tidak langsung pribadi sang ayah yang memang sudah terasah kepercayaan dirinya juga bisa menurun kepada anak. Jadi, berikanlah waktu anak kita agar dekat dengan ayahnya.

5. Libatkanlah Anak dalam Segala Hal

Di usianya yang sedang berkembang, pasti banyak pertanyaan yang diajukan oleh anak. Termasuk ketertarikannya dalam hal yang di lakukan orang tua. Jadi, jangan biarkan anak kita hanya sebagai penonton. Ajaklah mereka melakukan berbagai hal yang biasa kita lakukan, seperti menyiram tanaman, berkebun atau mengajaknya bermain di dapur. Hal ini pastinya akan sangat menyenangkan dan membuat mereka merasa dibutuhkan.

Dears, itulah beberapa tips untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Tips ini akan lebih bermanfaat jika kamu menerapkannya sejak anak masih kecil, agar percaya dirinya tumbuh seiring dengan usianya.

Happy parenting, ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *