5 Tanda saat Anak Perlu Bimbingan Belajar

Pelajaran sekolah pada masa kini tidak seperti beberapa belas tahun yang lalu, Dears. Kurikulum saat ini tidak saja mengharuskan anak lebih aktif membaca, tetapi harus siap dilatih untuk berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi.

Terlebih lagi, bila anak belajar di sekolah yang menetapkan standar yang tinggi. Tidak saja pelajaran sesuai kurikulum terbaru, tetapi juga harus menghafal Alquran, hadis, dan doa-doa anak saleh. Beban belajar anak tentu lebih berat. Mengikuti bimbingan belajar bisa menjadi salah satu pilihan saat belajar di sekolah dirasa kurang.

Lalu, kapan situasi yang tepat untuk anak perlu bimbingan belajar? Simak tulisan berikut ini, ya, Dears!

1. Semangat Belajar Menurun

Foto: Pexels

Semangat belajar menurun memang disebabkan banyak faktor. Komunikasi dengan guru adalah langkah terbaik agar orang tua segera mengetahui penyebab menurunnya semangat belajar. Bila disebabkan oleh kejenuhan dan cara penyampaian pelajaran oleh guru yang kurang bisa diterima, ada baiknya anak dibawa ke tempat bimbingan belajar agar bersemangat belajar lagi.

2. Tidak Paham Hampir Semua Mata Pelajaran

Foto: Pexels

Bila tidak paham pada hampir semua mata pelajaran, maka anak akan ketinggalan dibanding teman sekelasnya. Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya orang tua membawa ke tempat bimbingan belajar agar kesulitan anak tidak makin berlarut-larut.

3. Nilai Ulangan Memburuk

Foto: Pexels

Meskipun memang bukan satu-satunya indikator, tetapi nilai ulangan yang terus menurun harus diwaspadai orang tua. Bila memang disebabkan oleh berkurangnya pemahaman pada mata pelajaran, sebaiknya mengikuti bimbingan belajar.

4. Orang Tua Tidak Punya Cukup Waktu Mengajari

Foto: Pexels

Orang tua yang sibuk, baik karena bekerja ataupun karena hal lain, adalah alasan tepat untuk tidak ragu membawa anak ke tempat bimbingan belajar. Kesibukan orang tua bukan alasan gagalnya studi anak.

5. Orang Tua Tidak Mampu Mengajari

Foto: Pexels

Orang tua tidak perlu malu bila memang tidak mampu mengajari anak saat dalam kesulitan dan membutuhkan tempat bertanya. Pelajaran yang sulit dan tidak dimengerti orang tua karena beda zaman memang membuat anak kesulitan bila tidak ikut bimbingan belajar.

Nah, itulah lima hal yang menjadi tanda anak kita perlu mengikuti bimbingan belajar, ya, Dears. Tentu saja, setiap pilihan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi, tidak hanya ikut-ikutan sekadar gengsi, apalagi mengikuti tren. Melihat kebutuhan anak adalah tujuan utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *