sosmed

5 Sikap Tidak Bijak yang Harus Dihentikan dalam Bermedia Sosial

Di zaman sekarang siapa sih yang enggak mengenal media sosial? Dari anak kecil hingga orang dewasa, hampir semua sudah sangat familiar dan memiliki akun media sosial masing-masing. Bahkan tidak jarang ada yang punya dua atau lebih akun medsos.

Gak heran sih, peminat medsos semakin bertambah seiring perkembangan teknologi dan kemudahan yang ditawarkan. Tapi enggak sedikit juga penggunanya yang menyalahgunakan medsos itu sendiri. Kalau sudah begini, jadi gak dapat manfaatnya kan. Maka dari itu, yuk kita hentikan lima sikap tidak bijak dalam ber-medsos berikut. Kita mulai dulu dari diri sendiri baru kemudian ajak orang terdekat untuk ikut menghindari kebiasaan tidak baik ini.

1. Memosting berita hoax

Pict by, Kilas Daerah – Kompas.com

Zaman di mana media sosial merupakan salah satu sumber informasi, banyak banget orang yang menyalahgunakannya dengan menyebarkan berita yang tidak benar alias hoax. Menyebar hoax bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan oleh diri kita sendiri, baik itu sadar atau tidak. Misalnya, ketika mendapat info dari grup chat dan tanpa mencari kebenarannya kita menyebarkannya ke grup chat yang lain. Nah, jika ternyata berita itu tidak benar, maka kita bisa menjadi pelaku penyebar hoax, lho. Gak banget kan? Maka dari itu, kita harus lebih teliti dan berhati-hati saat ingin menyebarkan berita apalagi yang sifatnya sensitif seperti menyangkut capres dan cawapres yang lagi hot-hot-nya sekarang ini.

2. Meng-update sesuatu yang negatif

Pict by, Hello Sehat

Meng-update sesuatu yang sifatnya negatif seperti mengandung unsur porno dan lain sebagainya yang sama sekali tidak memberi manfaat untuk diri kita atau yang melihatnya. Jika dengan medsos sebenarnya kita bisa meraih manfaat atau paling tidak keuntungan materi dengan menjual suatu produk, mengapa mesti digunakan untuk hal tidak baik yang tidak mendatangkan apa-apa? Renungkan kembali apakah sesuatu yang kamu bagikan itu bisa memberi manfaat buat diri sendiri atau tidak.

3. Memberikan komentar tidak baik yang menyakitkan hati

Pict by, Liputan6.com

Dalam bermedsos, kita juga bisa memberi komentar dipostingan orang lain. Dan yang mengherankan, masih banyak sekali orang-orang yang suka memberikan komentar tidak baik di postingan orang lain terutama para artis atau selebgram yang bahkan tidak mereka kenal. Kenapa mesti membuang waktu dengan melakukan hal itu? Daripada begitu, kenapa gak habiskan waktu untuk membuat karya sendiri saja yang bisa mengantarkan diri kita pada kesuksesan?

4. Memberikan info baik benar atau nggak yang bertujuan menjatuhkan atau merusak nama baik orang lain

Pict by, Qupas

Tidak hanya soal hoax, memberikan info yang benar pun bisa menjadi salah satu bentuk tidak bijak dalam bermedsos. Meskipun info itu benar, tapi jika isinya adalah untuk mengungkap aib atau merusak nama baik orang lain, maka seharusnya kamu lebih mampu berpikir dua kali jika ingin memposting hal-hal seperti ini. Bukankah kita gak boleh mengumbar aib orang lain? Lebih baik kita fokus memperbaiki diri sendiri.

5. Menggunakan kata-kata kasar

Pict by, Welsh Women’s Aid

Yang terakhir ini, sering dianggap sepele oleh banyak orang adalah penggunaan kata-kata kasar dalam bermedsos. Menggunakan kata-kata kasar hanya akan membuat kita dicap tidak sopan dan tidak tau sopan santun. Apa keuntungan yang didapat dari menggunakan kata-kata kasar di medsos? Apakah tingkat kerenmu jadi bertambah? Makanya, lebih bijak lagi dalam pemilihan kata kata.

Gimana? Sudah siap menghentikan kebiasaan nggak bijak di atas? Ajak juga teman-temanmu yang lain untuk sama-sama menggunakan medsos untuk kebaikan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Featured image: Photo by  Tracy Le Blanc on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *