warna baju

5 Psikologi Warna Baju Untuk Menunjang Karier Kamu, Jangan Salah Pilih!

Warna baju yang dipakai seseorang biasanya menandakan suasana hatinya. Setiap warna memiliki arti masing-masing yang dapat menunjang interaksi pemakainya dengan orang sekitar, tak terkecuali juga dengan lingkungan kerjanya.

Membahas psikologi warna baju yang dikenakan terhadap lingkungan kerja merupakan hal yang menarik. Warna baju yang kamu kenakan di kantor ternyata dapat berpengaruh terhadap interaksi kamu dengan kerja kerja, bos ataupun klien. Nah, dilansir dari Image Doctor berikut ini adalah 6 psikologi warna baju berdasarkan interaksi dengan orang lain yang dapat diterapkan untuk menunjang karier kamu. Simak yuk!

1. Biru efektif untuk membangun kepercayaan dan profesionalitas

Pict by. kumparan.com

Jika kamu pecinta warna biru maka kamu patut besyukur, karena warna ini bermanfaat untuk lingkungan kerja kamu terutama yang bekerja di bidang penjualan. Waktu terbaik memakai baju warna ini yaitu ketika kamu sedang melakukan penawaran produk, atau bisa juga saat pertama kali bertemu dengan klien.

2. Merah memang cenderung berisiko karena menunjukan emosi, namun bagus untuk membangun kepercayaan diri

Pict by. idn times

Warna merah untuk baju kerja akan memberi pesan emosi yang bervariasi terhadap penerimanya. Namun, warna ini ternyata cocok untuk menunjukkan kepercayaan diri, keyakinan diri, otoritas, komitmen, fokus, semangat, dan kesuksesan. Selain itu, warna merah juga efektif untuk menarik perhatian, mempertahankan fokus, serta membangkitkan kegembiraan.

Akan tetapi, warna merah juga dapat memberikan pesan negatif, ancaman, tekanan dan bahaya sehingga kamu dapat dicap sebagai pemberontak. Oleh karena itu, kamu harus dapat menyesuaikannya dengan waktu pemakaiannya. Waktu yang tepat yaitu ketika kamu ingin terlihat menonjol, menyampaikan semangat, bernegoisasi, berbicara di depan umum dan ketika sedang dalam acara jejaring bisnis.

Sementara, ketika kamu akan wawancara pekerjaan, jangan memakai baju dengan warna ini karena kamu justru akan terlihat arogan, pemberontak dan tidak bisa bekerja sama dengan tim.

2. Warna merah muda efektif untuk mengatur bisnis dan perusahaan

 

Pict by. idn times

Meskipun warna merah muda identik dengan warna feminin, namun warna ini juga cocok  untuk pria yang ingin tampil percaya diri, berani, tegas dan memegang kendali. Waktu yang tepat untuk mengenakan baju dengan warna ini yaitu ketika akan melakukan pembicaraan di depan banyak orang, untuk meyakinkan orang serta memberi semangat pada orang orang lain.

4. Hijau cocok untuk memberikan kesan kreatif dan segar

Pict by. Hipwee

Sedikit berbeda dengan warna yang lainnya, setiap varian warna hijau memiliki kesan yang berbeda bagi pemakainya. Misalnya, warna hijau tua menandakan kekayaan dan pertumbuhan. Warna ini sangat cocok diikenakan saat akan melakukan penjualan, bernegoisasi, dan menghadiri wawancara kerja.

Untuk warna hijau terang mempunyai kesan kreatif dan menyenangkan. Oleh karena itu, warna ini cocok untuk industri kreatif atau bisnis yang lebih kasual dan kegiatan sosial.

5. Hitam menggambarkan agresif, dominan dan mengintimidasi

Pict by. beautynesia.id

Warna hitam biasanya identik dengan kesan glamor dan elegan ketika menghadiri suatu pesta. Namun, ketika kamu menggunakannya di kantor maka membuat kamu kurang di dekati karena terkesan mengintimidasi.

Akan tetapi bisa jadi berbeda jika kamu ingin terlihat mendominasi dan menunjukan figur yang berkuasa. Oleh sebab itu, warna ini kurang cocok jika kamu bukan berada di posisi senior. Kamu harus memilih warna lain yang lebih hangat untuk membangun hubungan dan kepercayaan.

Nah, ternyata mengenakan baju dengan warna tertentu akan sangat berpengaruh dengan interaksi kita terhadap orang dan lingkungan ya, Dears. Jadi, mulai sekarang kamu harus pintar dalam memilih warna, jangan sampai salah pilih. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *