5 Prinsip Hidup Anti Gagal Ala Negeri Sakura, Wajib Dicoba, Dears!

Sudah menjadi rahasia umum, bila kedisiplinan merupakan kunci sukses yang menjadi kebudayaan di negeri sakura. Secara otomatis, masyarakat Jepang dimanapun, kapanpun, dan dalam situasi apapun, selalu mengutamakan kedisiplinan. Itulah mengapa, Dears, negara ini menjelma menjadi salah satu negara maju yang sangat diperhitungkan di dunia.

Namun, ternyata ada beberapa prinsip hidup anti gagal, yang juga sangat dipegang teguh oleh masyarakat di sana,. Prinsip yang sudah ada sejak zaman leluhur dan masih sesuai untuk diterapkan hingga sekarang. Mau hidupmu menjadi lebih suskes, Dears? Coba yuk, rahasia mereka.

Ikigaki

sumber pinterest.com

Berasal dari “iki” berarti kehidupan, dan “gai” yang memiliki makna nilai. Ikigaki merupakan motivasi atau alasan untuk tetap menjalankan kehidupan. Prinsip ini adalah jawaban pertanyaan, untuk apa kita hidup? Digambarkan dalam diagram Venn, ikigaki adalah irisan dari semua hal dalam hidup. Apa yang kita sukai, kemampuan apa yang kita punya, apa yang dibutuhkan dunia, dan apa yang bisa membuat kita berharga.

Keishan

Keishan adalah sikap kreatif, inovatif, dan produktif, yang menuntut kerajinan, kesungguhan, minat, serta keyakinan diri. Hal ini akan memunculkan motivasi dalam diri sendiri, untuk selalu belajar dan menambah kemampuan. Jangan pernah merasa cukup dengan kemampuan yang kita punya. Wajib hukumnya, untuk selalu meningkatkan keahlian dan selalu berusaha mengembangkan diri.

Makoto

NPWP Istri Gabung Suami
Foto: usnews.com

Prinsip ini menjunjung kejujuran dan ketulusan. Dua hal ini penting diterapkan dalam bersosialisai dan berinteraksi dengan orang lain, ya, Dears. Bayangkan apa yang terjadi bila suatu hubungan atau relasi terjalin tanpa adanya rasa percaya dan saling curiga. Era modern ini, kejujuran dan ketulusan merupakan hal berharga yang sudah sangat susah ditemui, bukan?

Kaizen

Hindari menunda-nunda pekerjaan, selalu fokus, dan terus berusaha memperbaiki diri, merupakan prinsip dari kaizen. Untuk memperlancar pekerjaan, buatlah jadwal, dan biasakan untuk menaatinya. Konsekuensi bila tidak tertib dengan jadwal yang sudah disusun, tidak hanya pekerjaanmu saja yang terganggu, Dears, tapi kemungkinan besar juga akan berdampak pada orang lain.

Ganbatte

Pict by. Lifestyle Okezone

Memiliki semangat berusaha sebaik mungkin dan pantang menyerah dalam mencapai tujuan. Prinsip ini penting dimiliki di era globalisasi yang sangat kompetitif. Sayangnya, pada mayoritas generasi milenial, prinsip ini mulai luntur. Kurangnya daya juang untuk meraih kesuksesan dan maunya segala sesuatu dicapai serba instan. Itulah mengapa, banyak yang tertipu investasi bodong atau usaha yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Untuk menjadi sukses dalam apapun, ada proses yang harus dilalui. Biasanya, proses ini tidak mudah dan menuntut banyak effort. Semua orang sukses pasti punya cerita dan perjuangan untuk sampai di posisinya sekarang. Belajar dari pengalaman mereka, ambil segi positifnya, dan terapkan dalam hidup kita. Yang tak kalah penting, selalu lantunkan doa terbaik serta serahkan selebihnya pada kuasa Tuhan. Selamat menjadi sukses, Dears.

 

Featured image: Photo by  Bagus Pangestu on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *