5 Minuman Tradisional Indonesia Ini Bikin Tubuh Hangat dan Makin Sehat. Cocok Diseruput Kala Musim Hujan, Dears!

Musim hujan yang identik dengan hawa dingin, kerap membuat ketahanan tubuh seseorang menurun. Flu, diare, masuk angin, dan demam, merupakan beberapa penyakit yang umumnya menyerang di saat musim hujan tiba. Oleh sebab itu, kamu harus membekali diri dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh saat musim penghujan, Dears.

Salah satu pilihan ialah dengan mengonsumsi beberapa jenis minuman tradisional Indonesia. Bandrek, wedang jahe, atau ronde, nama-nama tersebut pastinya tidak asing lagi di telinga, ya, Dears. Di samping menghangatkan tubuh, ternyata minuman tradisional Indonesia juga mempunyai segudang manfaat buat kesehatan, lho. Berikut ialah beberapa jenis minuman tradisional Indonesia yang tak cuma bisa bikin tubuh hangat, tetapi juga badan sehat.

1. Wedang Jahe

Minuman campuran jahe, gula merah, dan beberapa rempah lainnya ini termasuk minuman tradisional yang populer. Rasa yang cenderung pedas dengan warna kecokelatan bening, mirip teh, sangat cocok dinikmati kala cuaca dingin. Bukan cuma nikmat, wedang jahe pun mempunyai beberapa khasiat bagi kesehatan di antaranya, melancarkan sirkulasi darah serta sistem pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh, membantu atasi stres, sakit kepala, dan demam.

2. Bandrek

Selanjutnya ada bandrek. Komposisi minuman yang terdiri dari jahe, kayu manis, gula aren, pandan, cengkeh, dan garam, yang direbus sampai mendidih ini mempunyai citarasa unik dan bau yang khas. Bandrek pun tergolong salah satu minuman favorit pengusir dingin. Meminum bandrek dapat membuatmu segar dan makin bugar, membantu menurunkan tekanan darah, mengatasi masuk angin, pusing, mual, meringankan gejala flu dan batuk, sampai antiinflamasi.

3. Bajigur

Bajigur merupakan salah satu minuman khas Jawa Barat. Campuran gula merah dan santan yang terdapat di dalamnya, selain menciptakan rasa gurih dan manis, juga amat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi bajigur membuatmu terhindar dari gangguan perut atau pencernaan, sembelit, dan menurunkan tingkat stres sehingga lebih bahagia, Dears.

4. Wedang Secang

Berikutnya ada wedang secang. Minuman ini berwarna merah, mirip sirup cocopandan, Dears. Sesuai namanya, wedang secang merupakan minuman yang terbuat dari irisan kayu secang, serai, kayu manis, pandan, dan kapulaga yang direbus bersama air, kemudian diberi tambahan gula pasir. Mengonsumsi wedang secang secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan, mencegah penuaan dini, hingga antibiotik alami.

5. Wedang Ronde

Terakhir ada wedang ronde. Berkhasiat menghangatkan tubuh, mengatasi gangguan tenggorokan, sakit kepala, dan masuk angin, ronde termasuk salah satu minuman yang recommended buat kamu seruput di musim penghujan, Dears. Minuman ini tidak hanya mempunyai citarasa jahe yang kuat, namum juga komposisi yang beragam. Di dalamnya ada bola-bola kenyal dari tepung ketan putih, kolang kaling, sagu mutiara, roti tawar, hingga kacang tanah. Tidak heran kalau ronde digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa, Dears.

Kamu bisa melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan saat musim penghujan. Salah satunya adalah mengonsumsi beberapa minuman tradisional Indonesia seperti di atas. Tak cuma bikin hangat badan, Dears. Minuman tersebut juga berkhasiat untuk kesehatan. Selamat mencoba dan tetap sehat di musin penghujan!

Sumber Foto: Hipwee.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *