5 Manfaat Markah Buku, Tak Sekadar Pembatas Buku, lho, Dears

Dears, markah buku atau pembatas buku adalah suatu tanda pembatas yang diberikan untuk menandai lokasi pada suatu karya cetak (menurut Wikipedia). Jenis pembatas buku yang sering digunakan biasanya berupa secarik kertas atau seuntai tali. Fungsi dari markah buku ini adalah apabila dijepitkan atau ditempelkan pada halaman buku dapat mempermudah mencari halaman terakhir yang kita baca.

Kini, markah buku tak hanya sekadar berfungsi sebagai pembatas saja, melainkan dapat dijadikan sebagai koleksi karena banyaknya variasi gambar yang lucu dan menarik bagi buah hati kita.

Berikut ini 5 manfaat lain dari markah buku bagi buah hati tercinta.

1. Melatih Kesabaran Anak

Markah atau pembatas buku biasanya dicetak dalam karakter yang sama setiap 20 lembarnya. Anak yang memiliki hobi mengumpulkan markah buku ini akan menempelkannya pada buku, menyusunnya sesuai edisi atau gambar yang sama. Secara tidak langsung, dalam proses penempelan ini anak belajar kesabaran agar hasil yang ditempelkannya menjadi rapi dan teratur.

2. Menambah Keakraban Pertemanan

Dengan memiliki koleksi pembatas buku, anak-anak dapat saling bertukar koleksi pembatas yang mereka miliki. Seringnya bertukar koleksi tersebut, menjadikan hubungan pertemanan di antara mereka menjadi kian akrab.

3. Media Menulis dan Berhitung

Koleksi markah buku yang telah ditempelkan pada buku dapat dijadikan sebagai media belajar menulis dan berhitung. Caranya, minta anak menuliskan nomor di bawah atau di atas tempelan pembatas bukunya. Secara tidak langsung, anak juga akan belajar menghitung jumlah koleksi pembatasnya.

4. Mengenal Berbagai Macam Karakter

Pada markah atau pembatas buku biasanya terdapat gambar binatang, bunga, atau tokoh-tokoh tertentu. Di sinilah anak belajar mengenal berbagai macam karakter yang terdapat pada gambar pembatas buku tersebut.

5. Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha pada Anak

Dengan tingginya minat anak terhadap pembatas buku ini, dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Anak dapat menjual kembali koleksi pembatas buku yang ia miliki pada teman yang tertarik atau berminat membelinya.

Satu hal yang perlu diingat, meski berwirausaha sejak dini memang bagus, tetapi jika ada teman anak yang tidak memiliki uang, lebih baik kita ajarkan anak untuk belajar berbagi dengan sesama.

Itulah, Dears, 5 manfaat lain dari pembatas buku. Tak hanya sekadar mempermudah penandaan pada buku yang kita atau buah hati baca, melainkan juga ada manfaat lain yang bisa diperoleh seorang anak bila memilikinya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *