5 Manfaat Jamu Kunyit Asam, Lezat dan Penuh Khasiat

Dears, hampir seluruh orang tahu apa itu jamu kunyit asam. Minuman berwarna kuning ini merupakan jenis jamu yang sangat mudah dalam proses pembuatannya. Hampir semua orang bisa meracik jamu ini kapan pun dan di mana pun.

Kunyit dan asam bukan hanya sekadar bumbu dapur. Dua rempah ini nyatanya memiliki puluhan khasiat tersembunyi. Namun, seiring perkembangan zaman, kombinasi keduanya semakin diakui dan semakin direkomendasikan, khususnya untuk para perempuan.

Jamu kunyit asam mengandung banyak manfaat dan tentunya memiliki banyak penggemar karena rasanya yang asam manis nan segar. Jamu yang identik dengan rasa asam ini mengandung senyawa yang aktif. Gunanya untuk mencegah peradangan, anti bakteri inflamasi, mencerahkan kulit untuk kaum wanita dan laki-laki.

Jamu kunyit asam ternyata menyimpan banyak manfaat lain. Terutama untuk kaum wanita yang ingin menjaga pola makan saat diet, minuman ini bisa juga lo untuk menghambat rasa lapar.

Berikut manfaat lain yang akan kamu dapat jika rutin meminum jamu kunyit asam:

Untuk Detoks Tubuh

Jamu kunyit asam bisa jadi detoksifikasi. Jamu ini bisa membunuh zat-zat berbahaya dari bahan kimia yang mengendap di dalam tubuh. Syaratnya tentu saja, meminum dengan rutin.

Menjaga Bentuk Tubuh

Jamu kunyit asam nyatanya mampu menahan gejolak rasa lapar. Sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang diet untuk menurunkan berat badan berlebih, karena jamu kunyit asam menekan rasa lapar yang kamu inginkan.

Melancarkan Menstruasi

Tak sedikit wanita yang sering mengeluhkan soal siklus menstruasi yang tidak stabil. Kadang terlambat atau bahkan muncul di saat yang tak semestinya. Hal ini bisa disebabkan oleh stres, kelelahan, terlalu kurus dan lainnya.

Kunyit asam ternyata mampu mengatasi ketidakstabilan ini, lo, karena memiliki kandungan estrogen yang sangat baik untuk organ dalam wanita.

Membantu Program Diet

Jamu kunyit asam selain bagus untuk kesehatan, ternyata bisa membantu program diet juga, Dears. Asam jawanya membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Kunyitnya mampu menekan pertumbuhan jaringan lemak. Maka tak heran jika banyak yang menganjurkan untuk meminum jamu kunyit asam sebagai salah satu minuman herbal untuk menjadi pendamping diet sehat.

Antioksidan dan Anti Radang

Jamu kunyit asam juga berguna sebagai antioksidan. Seperti diketahui, tubuh sangat membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Kunyit memiliki senyawa bernama kurkumin yang cukup tinggi dalam pembentukan antioksidan. Sedangkan asam jawa memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi juga.

Jamu kunyit asam juga bisa menjadi anti radang. Jamu ini dipercaya memiliki antiradang yang bisa menyembuhkan berbagai peradangan, asalkan meminumnya dengan porsi yang pas.

Cara pembuatan jamu kunyit asam ini cukup mudah, Dears. Parutan kunyit/kunyit bubuk direbus bersama gula jawa beserta asam jawa. Biarkan mendidih dan bisa diminum saat hangat maupun dingin.

Demikianlah ulasan mengenai khasiat ajaib jamu kunyit asam. Murah, tetapi memiliki kandungan yang luar biasa. Kamu bisa membuatnya kapan saja. Minumlah secara rutin, agar khasiat yang dihasilkan lebih maksimal.

 

*Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *