5 Makanan Pemicu Sakit Gigi yang Harus Dihindari, Nomor 3 Enggak Nyangka, Dears!

Dears, jika kamu pernah merasakan betapa nyerinya sakit gigi, pasti tak ingin merasakannya kembali, bukan? Andaikan belum pernah sakit gigi pun, pastinya tidak mau juga merasakan sakit gigi yang bisa membuat emosimu ikut teraduk-aduk saat menahan rasa nyeri yang begitu berdenyut-denyut.

Sakit gigi biasanya timbul karena adanya peradangan di sekitar atau di dalam gigi. Untuk itu, perawatan gigi harus kita perhatikan. Apalagi jika kamu memiliki gigi yang sensitif, retak dan berlubang.

Salah satu pemicu yang dapat menyebabkan timbulnya sakit gigi adalah makanan. Kamu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar terhindar dari sakit gigi. Dears, inilah beberapa makanan yang bisa menjadi pemicu timbulnya sakit gigi:

Permen

Permen, baik yang manis ataupun yang asam telah menjadi makanan utama yang dapat menimbulkan sakit gigi. Permen manis yang mengandung banyak gula akan menyebabkan kerusakan pada enamel gigi. Namun, permen asam ternyata juga bisa menyebabkan kerusakan gigi yang lebih luas lagi karena ada kandungan bubuk asam. Jadi mengonsumsi permen asam lebih berisiko sakit gigi daripada permen manis. Sebaiknya kamu hindari makan permen agar tidak terjadi masalah terhadap gigimu.

Roti

Roti adalah salah satu makanan yang dapat menimbulkan sakit gigi. Roti yang kita kunyah biasanya ada yang tertinggal dan melekat pada gigi. Sisa roti yang terselip di gigi itu kemudian difermentasi oleh kuman sehingga menjadi asam. Asam hasil fermentasi kuman inilah yang akan merusak gigi. Sebaiknya berkumur-kumurlah setelah mengonsumsi roti.

Buah-buahan yang Asam

Buah-buahan sebenarnya adalah makanan yang baik karena mengandung banyak vitamin. Namun, buah-buahan yang rasanya asam seperti jeruk dan lemon dapat membuat lapisan email gigi menipis sehingga gigi mudah rapuh dan berlubang. Oleh karena itu, sebaiknya setelah makan buah yang asam kamu minum air putih. Setelah itu sikatlah gigi agar tidak ada sisa buah yang melekat di gigi.

Asinan dan Acar

Lagi-lagi kamu harus hindari makanan yang asam, antara lain adalah asinan dan acar. Kedua jenis makanan ini mengandung zat asam tinggi yang dapat meluruhkan mineral gigi sehingga menyebabkan gigi keropos. Lebih baik kamu kurangi mengonsumsi makanan tersebut demi menghindari kerusakan gigi.

Es Batu

Minuman yang diberi es batu memang terasa menyegarkan tatkala kamu sedang dahaga. Terkadang ada pula yang suka mengunyah es batu yang terdapat dalam minuman tersebut. Ini adalah suatu kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan gigi. Mengunyah es batu dapat merusak email gigi sehingga gigi menjadi sensitif dan mudah retak.

Ituah beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya sakit gigi. Jika salah satunya adalah makanan kesukaanmu, mulai saat ini kamu harus menguranginya demi menjaga kesehatan gigimu. Perhatikan dan rawatlah gigimu baik-baik, ya, Dears. Jangan sampai kamu mengalami sakit gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *