5 Makanan Mood Booster bagi Anak Tantrum, Sehat dan Bikin Bahagia!

Dears, pernah menghadapi anak yang rewel terus? Atau kadang mengamuk? Sudah coba membujuknya, tapi tetap saja rewel. Kadang jadi bingung menghadapinya.

Sebenarnya ada banyak faktor mengapa anak rewel, salah satunya adalah tantrum. Tantrum adalah amukan yang terjadi pada anak karena anak masih kesulitan mengungkapkan isi hati akibat keinginan yang tidak dapat ia raih. Kesulitan menghadapi anak tantrum terjadi biasanya karena ia belum tahu kata yang harus dipakai untuk mengutarakan isi hatinya.

Namun, kamu tak perlu khawatir, Dears, kali ini kita akan bahas dari segi makanan yang bisa jadi mood booster bagi anak tantrum. Simak, yuk!

1. Buah Berserat Tinggi

Makanan jenis ini adalah mood booster yang baik bagi anak tantrum. Selain sehat, makanan berserat mempunyai elemen yang dapat meningkatkan kekuatan otak. Selain itu, makanan berserat juga rendah glikemik, yang artinya tidak meningkatkan kadar insulin. Jadi, meskipun makanan ini manis, tidak akan berpengaruh buruk bagi kondisi anak .

2. Kakao

Kakao adalah cokelat yang masih mentah atau belum diolah dengan bahan lain. Selama ini cokelat terkenal menjadi mood booster, padahal cokelat justru membuat suasana hati jadi tak menentu. Hal ini terjadi karena cokelat mengandung banyak gula dan pemanis.

Berbeda dengan kakao. Kakao mengandung resveratrol. Resveratrol berfungsi mengatur aliran darah dan melindungi sel-sel syaraf dari kerusakan. Meski tidak senikmat cokelat, namun kakao memiliki zat anandamid atau molekul kebahagiaan yang bisa mengubah suasana hati dan pastinya cocok untuk meredakaan tantrum pada anak.

3. Oat

Oat selama ini dikenal sebagai makanan yang baik bagi kesehatan tubuh. Dan ternyata oat dapat menjadi salah satu pilihan untuk meredakan tantrum pada anak, lho. Selain mengandung vitamin B, magnesium, serat dan seng, oat juga bisa mengurangi rasa cemas, depresi, dan meningkatkan energi. Namun agar lebih aman, pilihlah oat yang bebas gluten.

4. Kacang Mede

Kacang mede mengandung tembaga dan besi yang dapat membantu mengatasi kelelahan. Selain mempunyai kandungan yang baik, kacang mede juga baik bagi jantung dan tubuh secara keseluruhan. Selain enak untuk camilan, kacang mede juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh dan dapat meredakan tantrum pada anak, Dears.

5. Kacang Arab

Selain rasanya yang enak, kacang arab juga mengandung banyak manfaat, karena terdapat zat-zat kimia yang dapat menimbulkan perasaan bahagia. Kacang arab juga mengandung vitamin B6 yang bisa mengurangi kelelahan serta meredakan suasana hati yang mudah berubah. Sangat cocok untuk anak yang sedang mengalami tantrum

Keadaan tantrum pada anak tidak selalu bisa ditebak apa penyebabnya. Selain kesabaran dan pengertian, kadang juga perlu memberikan asupan makanan yang dapat meredakan tantrum pada anak.

Satu hal penting, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi gula, karena gula justru membuat suasana tidak menentu. Lebih baik jika kamu memberi asupan makanan sehat ya, Dears.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *