5 Langkah Jitu Menjadi Ibu Teladan yang Wajib Kamu Coba

Menjadi idola bagi anak-anak, adalah dambaan bagi setiap orang tua, khususnya kaum ibu. Pastinya teladan yang patut dicontoh adalah hal yang berkaitan dengan nilai kebaikan. Berkaitan dengan hal ini, tentunya sangat penting bagi seorang ibu untuk menjadi teladan bagi anaknya.

Dears, pernahkah terpikir olehmu jika menjadi ibu teladan bagi anak itu sebenarnya sangat mudah? Inilah 5 langkah jitu menjadi ibu teladan yang wajib kamu coba.

  1. Menanamkan Nilai Agama Sejak dalam Kandungan

Seorang ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Nilai agama merupakan poin penting yang harus ditanamkan sejak dalam kandungan. Apalagi dalam pola mengasuh anak. Nilai agama memberi pengaruh dan teladan baik sebagai bekal anak untuk bisa berjalan sesuai dengan koridornya. Selain itu, nilai agama juga sangat berpengaruh pada sikap anak untuk membedakan hal yang baik dan buruk sejak dini.

  1. Menjadi Teladan dalam Berperilaku

Seorang ibu yang berperilaku baik akan mudah dicontoh oleh anak  secara langsung. Contohnya: Ketika seorang ibu sudah salat, lalu menyuruh si anak salat, maka tanpa membantah si anak akan segera melakukannya. Jadi, mencontohkan perbuatan baik tidaklah sulit, sebab nilai kebaikan selalu dapat kita  tebar setiap hari.

  1. Peduli pada Anak

Teladan bermula dari sikap peduli kita sebagai tanggung jawab orang tua terhadap anak, terutama bagi seorang ibu, baik terhadap orang lain maupun terhadap buah hati kita. Sikap peduli ini tentu menjadi sebuah contoh perilaku yang baik yang akan dicontoh oleh anak. Sikap peduli juga akan membuatmu lebih peka dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Tentu saja hal ini merupakan nilai tambah yang dapat dipelajari oleh si anak.

  1. Menjadi Teman Curhat yang Nyaman bagi Anak

Jika seorang ibu ingin menjadi teladan bagi anak, jadilah orang yang paling dekat dengan anak. Sebab, kebanyakan hubungan orang tua dengan anak berjarak, karena anak  menganggap bahwa orang tua tidak sama dengan sahabat mereka. Oleh sebab itu, jadilah orang tua yang mampu menjadi sahabat anak sebagaimana anak bersahabat dengan teman sebayanya, sehingga anak tidak malu-malu untuk menceritakan segala keluh kesah yang dialaminya.

  1. Tegas dalam Bersikap

Seorang ibu yang tegas akan menjadi teladan bagi anaknya. Dari ketegasan ini anak belajar disiplin. Nilai inilah yang akan sangat berguna bagi anak saat mereka mulai memasuki kehidupan di luar rumah, seperti di sekolah, kampus, hingga tempat kerja. Disiplin adalah sesuatu yang sudah melekat dan akan sulit hilang dalam diri seseorang.

Dears, tidak menyangka bukan, jika menjadi ibu teladan bagi anak ternyata sangat mudah. Tak perlu biaya mahal dan bisa dipraktikkan setiap hari. Semoga 5 langkah jitu diatas dapat membantu para orang tua dalam mendidik anak demi kesuksesan masa depan yang lebih cerah. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *