18 Jul, 2019
kuliner khas bogor

5 Kuliner Unik Khas Bogor yang Wajib Kamu Coba, Asli Bikin Nagih

Indonesia memiliki khasanah kuliner dari berbagai daerah. Tak terkecuali Bogor. Kota yang terkenal sebagai Kota Hujan ini pun memiliki aneka kuliner yang khas dan unik yang tidak kamu temui di kota-kota lain. Rasanya kurang lengkap jika singgah ke Bogor tanpa mencicipi kuliner khas Kota Hujan.

Inilah kuliner-kuliner khas Bogor yang wajib kamu coba, Dears. Kira-kira mana yang jadi favoritmu?

1. Soto Mie Bogor

kuliner khas bogor
Foto: id.tastemade.com

Soto Mie merupakan salah satu kuliner khas Bogor yang biasanya dijual di gerobak-gerobak. Kuliner khas satu ini biasanya menggunakan tetelan sapi dan kikil sebagai bahan dasar. Tak hanya itu saja, soto mie Bogor juga dilengkapi dengan risoles, bihun, mie kuning, emping, dan sambal. Berbeda dengan kuah soto pada umumnya, soto mie Bogor tidak menggunakan kunyit untuk pewarna kuning. Sebagai gantinya, dalam kuah soto mie ini ada jahe yang dimemarkan untuk menambah cita rasa kuliner satu ini.

Penyajian soto mie ini juga menarik. Risoles, bihun, mie kuning, dan emping biasa hadir sebagai pelengkap. Kamu juga bisa menambahkan cuka, kecap manis, dan sambal sesuai selera.

2. Doclang

kuliner khas bogor
Foto: wikipedia

Doclang merupakan makanan khas Bogor yang terdiri dari kentang, telur, lontong. Ketiga bahan tersebut dipotong kecil-kecil dan disiapkan di atas piring. Bumbu kacang yang halus kemudian disiramkan di atasnya. Setelah itu disajikan dengan tambahan kecap, bawang goreng, dan kerupuk di atasnya. Gurihnya bumbu kacang, renyahnya kerupuk, menjadi nilai tambah ketika dimakan bersama potongan kentang, lontong dan telur.

 


Pilihan Editor:

Say Good Bye Pada Obat Pelangsing! Ini Dia 3 Menu Sarapan Diet Simpel untuk Bantu Turunkan Bobot Tubuhmu

Kunyah 3 Makanan Favorit Ini! Stres Hilang, Hati Lebih Happy!


3. Bapatong

kuliner bogor
Foto: limakaki.com

Mungkin kamu akan sedikit mengernyitkan dahi ketika mendengarkan nama kuliner ini. Bapatong, kepanjangan dari bakso kupat gentong. Berbeda dari varian bakso biasanya. Bapatong menggunakan kupat (ketupat) dan irisan daging sebagai pelengkap. Tekstur bakso yang lembut, irisan daging yang nikmat, dan hangat kuah bapatong yang gurih menambah cita rasa kuliner ini. Apalagi kalau dimakan saat hujan, menu ini menjadi pilihan yang pas untuk menghangatkan badan.

4. Asinan Bogor

kuliner khas bogor
Foto: resepmanisan.blogspot.com

Siapa yang tidak tahu makanan ini? Asinan memang sudah menjadi icon kuliner khas Kota Hujan. Asinan ini sendiri ada 2 macamnya, ada asinan sayur, ada juga asinan buah. Keduanya dibuat dengan proses pengacaran. Meski namanya adalah asinan, makanan ini memiliki rasa yang bervariasi dalam tiap suapannya. Ada asin, manis, asam, dan juga pedas. Rasa buah dan sayur yang segar sangat cocok dimakan saat terik siang hari.

5. Pepes Sagu Pisang

kuliner khas bogor
Foto: travel.kompas.com

Kamu tentu sudah amat familiar dengan pepes pindang dan tahu. Lalu, bagaimana dengan pepes sagu? Hidangan pepes memang biasa dimasak dengan bahan dasar utama yang cocok dimasak asin dan gurih. Tapi lain halnya dengan pepes sagu pisang. Makanan ini justru manis dan legit.

Dari namanya, tentu kita bisa menebak bahwa bahan baku utama dari pepes ini adalah sagu dan pisang. Rasa manis dari pepes ini didapatkan dari campuran gula merah yang ada didalamnya. Seperti pepes pada umumnya, sagu dan pisang yang telah diiris dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Setelah siap, bahan-bahan yang telah dibungkus tadi dibakar sampai matang.

Itu tadi kuliner khas kota Bogor yang unik dan menarik. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *