kesalahan orang tua pada anak

5 Kesalahan Berakibat Fatal yang Sering Dilakukan Ibu kepada Anak

kesalahan orang tua pada anak
foto : Pexels.com

Ibu adalah sekolah pertama bagi anak, sehingga segala tindakan dan ucapan ibu menjadi teladan bagi anak. Acapkali, ibu dengan segudang kesibukan dan aktivitas mengabaikan cara mendidik anak yang baik dan tepat. Akhirnya, para ibu sering kali melakukan kesalahan yang berakibat fatal dalam membersamai dan mendidik anak. Tapi, Dears, seberapa sibuknya menjadi ibu, jangan pernah lakukan ini kepada anak jika tak ingin kecerdasan emosianalnya terganggu.

Membentak

Pada usia golden age ( 0-5 tahun), anak akan dengan mudah merekam sesuatu yang ia dengar dan ia lihat. Oleh karena itu, ibu harus selalu berhati-hati dalam segala hal termasuk dalam bertutur kata. Ada kalanya ibu akan kehilangan batas kesabaran ketika menghadapi anak sehingga tanpa disadari ibu membentak disaat anak melakukan kesalahan atau rewel ditengah-tengah kesibukan urusan rumah tangga. Membentak tidak akan membuat anak menyadari kesalahan yang mereka buat, namun dengan membentak akan ada 2 kemungkinan fatal yang akan terjadi. Bisa jadi anak yang sering dibentak akan menjadi pribadi pendiam serta penakut atau menjadi pribadi yang suka memberontak.

Membunuh rasa ingin tahunya

Setiap anak pasti mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Wajar bila anak sering bertanya  tentang segala hal yang ia dengar dan lihat kepada ibunya. Tugas ibu haruslah membantu menjawab semua pertanyaan yang diajukan anak.  Terkadang pertanyaan anak memang bikin kita gemes, namun sesulit dan seaneh apapun pertanyaanya, jangan pernah bunuh rasa ingin tahunya dengan tidak menjawab pertanyaanya apalagi melarang mereka untuk bertanya lagi ya, Dears.

Mengabaikan perhatian

Ibu adalah orang yang paling dekat dengan anak. Sesibuk apa pun kita, jangan pernah abaikan untuk memberi perhatian kepada anak. Berilah perhatian saat anak merasa kecewa dan berkecil hati. Memberi perhatian bisa kita mulai dengan hal kecil dengan mengatakan ‘terima kasih’ di setiap sikapnya yang manis. Pelukan hangat juga bisa ibu lakukan di setiap anak menunjukkan perkembangan yang baik. Jadi, jangan pernah abaikan perhatian jika tak ingin anak mencari perhatian orang lain ya, Dears.

Mengancam

Seorang ibu memang akan merasa jengkel bila anak mulai susah diatur. Kebanyakan ibu melakukan ancaman dengan harapan anak akan bersikap manis. Namun, mengancam anak bukanlah solusi terbaik, dengan seringnya melakukan ancaman bisa jadi anak akan mengalami trauma dan rasa takut yang berlebihan sehingga berakibat fatal kepada perkembangan psikologisnya.

Tidak menjadi pendengar yang baik

Anak-anak memang suka dan cenderung menceritakan apa saja yang mereka lihat dan rasakan. Ibu dengan segala kesibukannya sering kali mengabaikan anak saat bercerita. Jadi berhentilah beraktivitas saat anak mulai bercerita, dengarkanlah. Karena dengan menjadi pendengar yang baik akan meningkatkan kemampuan verbal anak serta menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Itulah 5 kesalahan yang sering dilakukan Ibu ketika mendidik dan membersamai anak. Mendidik anak memang tidaklah mudah, namun sebagai ibu yang baik jangan pernah berhenti belajar memperbaiki cara mendidik anak ya, Dears. Cara yang paling tepat untuk memperbaiki kesalahan pada anak adalah dengan memperbaiki pribadi kita dulu. Kamu pasti setuju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *