5 Keistimewaan Kota Lumpia, The Cleanest Tourism City 2020. Nyesel Nggak Mampir!

Kota lumpia, Semarang, rebut predikat bergengsi di ajang ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020, sebagai kota wisata terbersih di ASEAN. Prestasi yang membanggakan, ya. Point penilaian melingkupi manajemen lingkungan, fasilitas pariwisata yang memadai, ketersediaan ruang hijau, dan pengelolaan limbah.

Kota ini memiliki beberapa keistimewaan yang mengantarnya menjadi kota terbersih se-ASEAN, Dears. Selain teraturnya tata kota dan kebersihan yang terjaga, Semarang juga memiliki beberapa tempat istimewa yang wajib dikunjungi sebagai kota wisata.

Kota Lama

Sumber upradio.id

Dikenal dengan julukan Little Netherland, merupakan replika Eropa, Dears. Apalagi, setelah dilakukan pemugaran dan pembenahan, hasil berfoto disana, serasa berada di benua biru. Ada sekitar 500 bangunan tua peninggalan zaman kolonial yang direnovasi tanpa mengubah bentuk aslinya. Ada gedung Marabunta, dengan simbol dua semut merah raksasa di atasnya. Gedung Marba, pasar modern pertama di Semarang, dan gereja Blenduk yang ikonik.

Lawang Sewu

Sumber nativeindonesia.com

Gedung bekas kantor PT KAI, yang dulu terkenal mistis, sekarang telah bertransformasi menjadi tempat wisata yang unik dan memiliki banyak spot foto yang instagramable. Bahkan, tempat ini bisa menjadi alternatif untuk lokasi resepsi pernikahan yang romantis, lo.

Kuil Sampokong

Sumber pinterest

Tempat ini merupakan tempat berlabuhnya Laksamana Cheng Ho, penjelajah Islam dari Tiongkok berabad silam. Unik, karena kuil ini awalnya berupa gua yang digunakan sebagai tempat beribadah. Kini, kuil ini dijadikan tempat wisata yang menawarkan atmosfir seperti berada di negeri tirai bambu, Dears.

MAJT

Sumber simas.kemenag.go.id

Masjid Agung Jawa Tengah, merupakan bangunan ibadah kaum muslim, perpaduan arsitek Arab dan Jawa. Masjid ini memiliki menara setinggi 99 meter, yang diberi nama menara Almaul Husna. Kita bisa menaiki menara dengan membeli tiket seharga 5 ribu rupiah dan meneropong keindahan kota Semarang dari puncaknya.

Bridge Fountain

Sumber inibaru.id

Air mancur menari ini berada di jembatan Banjir Kanal Barat. Pertunjukan ini merupakan satu-satunya di Indonesia, Dears. Air mancur menari yang berwarna pelangi ini serupa dengan jembatan Banpao di Korea Selatan. Mau menikmati keindahannya? Jadwalkan di hari jumat dan sabtu setiap pukul 19.30 dan 22.30. Pemerintah kota Semarang tidak menyalakan setiap hari, karena memang menelan dana yang tidak sedikit.

Bagaimana Dears, menarik bukan? Tak heran ya, kalau kota lumpia berhasil mendapat predikat kota wisata terbersih se-ASEAN. Bila berkunjung ke Semarang, bisa sekaligus mencicipi pisang plenet, jamu jun, dan wedang tahu. Selamat traveling dan berwisata kuliner di Semarang, Dears.

 

Featured image: Photo on Airy Rooms Blog
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *