5 Jenis Warna Sayur Ini Ternyata Menjelaskan Kandungan Gizi yang Berbeda Lho, Dears!

Sayuran adalah satu menu wajib yang harus dikonsumsi secara rutin setiap hari. Kandungan gizi serta vitaminnya sanagt baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, sayur mempunyai cita rasa yang enak dan warnanya pun beragam.

Mengkonsumsi sayur setiap hari dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika memilih sayur harus yang segar serta bebas dari pestisida. Jika berbicara mengenai warna sayur, ternyata setiap warna yang melekat pada sayur mempunyai penjelasan tersendiri mengenai mayoritas gizi dan manfaatnya tersendiri.

Nah, untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simak yuk ulasan berikut ini, Dears!

1. Warna Ungu

Pict by dcourier.com

Dears, ternyata warna ungu pada sayuran mewakili kandungan antioksidan dan phythocemical yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, mencegah penuaan, mencegah pembentukan sel kanker, serta memperkuat daya ingat sehingga sangat cocok dikonsumsi para lansia.

Adapun jenis sayuran yang berwarna ungu seperti terong dan kubis ungu. Selain warnanya yang menarik, sayur berwarna ungu juga menyiratkan nutrisi yang menyehatkan tubuh.

2. Warna Merah

Pict by detikFood

Di dalam sayuran berwarna merah terdapat kandungan kandungan gizi berupa likopen, anthocyanin dan phytochemical. Selain bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, sayuran berwarna merah juga dapat mencegah infeksi saluran kemih.

Nah, Dears, bagi kamu yang sering menahan buang air kecil ada baiknya untuk mengonsumsi sayuran ini. Tomat, cabai, dan paprika merupakan contoh sayuran yang berwarna merah. Namun yang perlu diperhatikan yaitu mengonsumsinya tidak boleh berlebihan ya, Dears.

3. Warna Oranye dan Kuning

Pict by Eragano.com

Untuk sayuran yang didominasi warna kuning, oranye atau campuran keduanya, memiliki kandungan gizi berupa beta karoten, vitamin C dan kalium. Manfaat yang dapat kamu peroleh dari sayuran ini sangat beragam, mulai dari kesehatan mata, kulit hingga sistem kekebalan tubuh.

Dengan rutin mengonsumsi sayuran berwarna oranye dan kuning ini, maka kesehatan matamu akan terjaga, kulit dan tubuh pun menjadi lebih sehat, serta dapat membantu proses regenerasi sel-sel. Adapun jenis sayuran ini yaitu, labu kuning dan wortel.

4. Warna Hijau

 

Pict by fimela.com

Sayuran berwarna hijau diketahui kaya akan kandungan asam folat, kalium, lutein, dan vitamin C. Sayuran ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, membantu proses penyembuhan dan regenerasi sel. Selain itu, sayuran hijau juga sangat baik untuk pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil. Ada banyak jenis sayuran hijau diantaranya yaitu, kangkung, sawi, buncis, daun singkong, dan masih banyak yang lainnya.

5. Warna Putih

Pict by bibitbunga.com

Untuk jenis sayuran yang berwarna putih memang jarang ditemukan di Indonesia, hanya terdapat beberapa saja. Padahal, jika ditilik dari kandungan gizinya, jenis sayuran ini memiliki kandungan gizi yang luar biasa diantaranya yaitu alicin dan kalium. Kandungan gizi ini sangat berguna untuk menjaga tekanan darah dan mencegah kolesterol tinggi. Sayur jenis ini yaitu lobak, sawi dan bawang putih.

Nah, Dears, itulah penjelasan mengenai kandungan gizi yang terdapat pada sayuran sesuai warnanya. Mengingat banyaknya manfaat yang dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi sayuran tersebut, jadi mulai sekarang harus rutin mengonsumsinya ya, Dears. Semoga bermanfaat.

 

*Artikel merupakan kiriman dari kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *