5 Hal yang Tak Perlu Kamu Lakukan dengan Terburu-buru Mulai Tahun 2020

Dears, pernah nggak sih terburu-buru dalam mengerjakan suatu hal? Menurutmu, apakah kegiatan yang dilakukan dengan terburu-buru itu memberikan hasil akhir yang baik atau sama saja?

Tahun 2020 sudah berjalan 1 bulan lebih seminggu, semua hal kurang baik yang dilakukan di tahun sebelumnya apa masih dilakukan hingga sekarang? Salah satunya adalah tergesa-gesa. Hampir semua orang pernah melakukannya, terutama dalam hal mengerjakan suatu deadline. Pasti ada kalanya mengerjakan dengan terburu-buru dan pada akhirnya menghasilkan akhir yang kurang memuaskan.

Meski tidak semua hal yang dilakukan dengan terburu-buru akan memberikan hasil yang kurang memuaskan. Tapi nyatanya, 5 berikut sebaiknya tidak kamu lakukan dengan terburu-buru di tahun 2020 dan tahun-tahun berikutnya, karena akan berdampak buruk ke depannya. Apa saja 5 hal itu? berikut penjelasannya.

1. Membuat Keputusan Besar

Image by Pinterest

Hindari membuat keputusan dengan terburu-buru, apalagi jika menyangkut keputusan yang urgent dan besar. Terburu-buru dalam membuat keputusan tanpa memikirkan dampak ke depannya hanya akan membuat menyesal di kemudian hari karena tidak sesuai ekspektasi saat membuat keputusan tersebut.

2. Memberikan Kepercayaan kepada Orang Lain

Image by Pinterest

Mempercayai orang lain itu perlu, tapi memberikan kepercayaan dengan mudah kepada orang lain harus dipikirkan berulang kali. Bukan karena ingin berburuk sangka, tapi memastikan bahwa seseorang pantas mendapatkan kepercayaan dari kamu itulah yang lebih penting.

3. Makan dengan Terburu-buru

Image by Pinterest

Siapa nih yang makan sering terburu-buru ditambah dengan porsi yang lebih besar dari sewajarnya. Makan dengan terburu-buru selain menambah beban percernaan juga akan membuat perut menjadi begah akibat oksigen yang ikut masuk saat makan. Itulah dampaknya, mengapa saat makan terlalu cepat perut terasa begah hingga sakit bagi beberapa orang.

4. Mengenal Orang Lain

Image by Rawpixel

Ketika mengenal orang baru, jangan terburu-buru untuk menganggap bahwa kamu sudah mengenal semua hal tentangnya. Meski tidak semua orang yang baru dikenal memiliki sifat buruk, membentengi diri untuk tidak berlebihan dalam memperkirakan seperti apa sifat orang adalah alasan terbaiknya. Dikutip dari podcast Jay Shetty, menyebutkan bahwa kita membutuhkan waktu hingga 50 jam untuk menjadi teman, 90 jam untuk menjadi teman yang sesungguhnya dan 200 jam untuk benar-benar menjadi teman dekat. So, untuk tahu sifat sebenarnya dari orang lain membutuhkan quality time yang kita habiskan dengan mereka.

5. Judge Someone Character

Image by Pinterest

Terkadang sifat seseorang berbeda jauh antara kesan pertama dan sifat asli dari orang tersebut. Ketika bertemu dan mengenal dengan orang baru, seperti penjelasan sebelumnya bahwa kita membutuhkan waktu untuk benar-benar mengenalnya. Kesan pertama yang diperlihatkan tidak selalu menjadi sifat asli dari orang tersebut. Jadi, jangan mudah dan jangan terburu-buru untuk menghakimi sifat seseorang yang kita belum mengenalnya secara dekat.

Itulah 5 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan dengan terburu-buru. Slow down itu tetap dibutuhkan pada kondisi tertentu seperti penjelasan di atas, agar tidak menyesal ketika melakukannya dengan terburu-buru dan berdampak buruk bagi diri sendiri.

 

Featured image: Photo by  Kaboompics on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *