5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan agar Mental Tetap Sehat. Terapkan yuk, Dears!

Kebanyakan dari kita lebih mementingkan kesehatan fisik daripada kesehatan mental, padahal kesehatan mental justru berpengaruh besar pada kesehatan fisik lo, Dears. Untuk mengetahui fisikmu sedang sehat atau tidak, mungkin akan lebih mudah jika dibandingkan dengan mengetahui kesehatan mentalmu. Untuk itu kamu harus lebih peka terhadap kesehatan mentalmu ya, Dears.

Agar kesehatan mentalmu dapat terjaga dengan baik, berikut ini ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Simak yuk, ulasannya berikut ini!

1. Aktif Berolahraga

Pict by akurat.co

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik. Kegiatan ini ternyata juga dapat membantu agar kesehatan mentalmu tetap terjaga, karena dengan berolahraga dapat melepaskan energi negatif dalam dirimu serta memberikan ketenangan.

2. Tidur 8 Jam Sehari

Pict by faktajabar.co.id

Hal yang perlu kamu perhatikan agar mentalmu tetap sehat adalah dengan tidur yang cukup. Banyak yang menyepelekan hal ini, padahal kualitas tidur seseorang sangat berpengaruh. Bukan hanya untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga untuk kesehatan mental. Kamu tentu pernah mengalami mood yang tidak baik ketika dalam keadaan kurang istirahat. Betul kan, Dears?

3. Curhat dengan Orang Terdekat

Pict by journal.sociolla.com

Menyimpan perasaan atau masalahmu sendiri dapat membuatmu tertekan. Percayalah, tidak semua masalah dapat kamu atasi sendiri. Terkadang kamu perlu membaginya dengan orang lain agar dapat sedikit lega. Ada saatnya kamu memerlukan orang lain meskipun hanya untuk berbagi cerita.

4. Jalan-Jalan dengan Teman dan Keluarga

Pict by hellosehat.com

Banyak dari kita yang terkurung dengan rutinitas yang sama setiap hari. Entah kegiatan sehari-hari yang membosankan, atau bahkan beban pekerjaan yang membuatmu penat. Nah, kamu dapat melakukan aktivitas menyenangkan bersama teman dan keluarga. Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga akan membuat pikiranmu kembali fresh.

Jika sudah kembali tenang, semua permasalahan yang dihadapi akan dapat terselesaikan dengan baik tanpa rasa tertekan.

5. Makan Makanan Bergizi

 

Pict by terasjabar.id

Selain melakukan kegiatan yang dapat menenangkan pikiran, asupan makanan pun ternyata berpengaruh terhadap kesehatan mental lo, Dears. Untuk menjaga kesehatan mentalmu, sebaiknya mulai perbaiki asupan dan pola makan. Konsumsilah makanan yang bergizi agar kesehatan mentalmu tetap terjaga.

Bagaimana, Dears? Ternyata menjaga kesehatan mental itu penting, ya. Kamu dapat mencoba menerapkan beberapa cara di atas agar kesehatan mentalmu tetap terjaga dan kamu pun dapat menjalani hidup dengan tenang tanpa rasa tertekan. Semoga bermanfaat.

 

*Artikel merupakan kiriman dari kontributor. Seluruh isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *