5 Hal Utama yang Harus Diperhatikan Saat Menjalankan Diet Sehat

Dears, selama di rumah aja, apa yang kamu lakukan untuk menjaga kesehatan? Bagi yang merencanakan diet sehat sejak lama, mungkin inilah saat yang tepat bagi kamu memulai semuanya dari awal. Karena saat pandemi seperti ini, godaan makan di luar sudah jauh berkurang, nongkrong dengan teman-teman sambil ngemil pun mustahil dilakukan. Sebisa mungkin menu di meja makan dimasak sendiri di rumah, jarang jajan di luar Benar-benar menjadi salah satu faktor yang mendukung rencana dietmu yang sempat tertunda sebelumnya.

Diet tidak selalu identik dengan menurunkan berat badan, ada juga yang tetap diet meski badannya sudah ideal. Demi apa? Demi menjaga kesehatan. Ada banyak faktor yang memengaruhi kebersihan dietmu nanti, beberapa di antaranya saya rangkum di bawah ini,

1. Saat Ingin Menurunkan Berat Badan

Perhatikan saat kamu melakukan diet demi menurunkan berat badan, ada baiknya kamu hindari makan nasi putih secara bertahap sampai berat badanmu kembali ideal atau normal. Karena, diet tanpa nasi benar-benar membantu menurunkan berat badan dengan cepat, lho.

Kalau sulit, maka lakukanlah secara bertahap tanpa perlu memaksakan diri. Nggak sulit, kok nggak makan nasi setiap hari, kamua hanya perlu yakin bahwa kamu akan tetap ‘hidup’ meski tidak makan nasi…hehe.

2. Hindari Gula dan Manfaatkan Manisnya Buah

Kalau diet masih konsumsi gula namanya bohong dong? Jika kamu ingin diet sehat, sebaiknya jauhi gula dan manfaatkan manisnya buah sebagai penggantinya. Hal ini bisa dilakukan mulai dari mengurangi minuman manis kemasan yang biasa kamu beli di supermarket dan gantilah dengan air putih atau air rendaman buah.

Percayalah, ini akan sangat membantu menurunkan berat badan sekaligu menjaga kesehatan tubuhmu. Cobalah!

3. Ngemil yang Sehat

Selama ini ngemil identik dengan junk food plus bikin gemuk. Yaiyalah ngemil yang kayak gini bikin gemuk karena nggak sehat. Cobalah ngemil yang sehat, tapi tetap nikmat. Apa saja, ya? Misalnya ngemil potongan buah, kacang-kacangan yang disangrai, atau buah kering seperti kismis? Semua tak kalah sehat dan nikmat, lho.

4. Rajin Puasa

Serius udah diet masih harus rajin puasa? Bagi yang beragama Islam, puasa bukan sekadar cara menjaga kesehatan, tetapi juga merupakan salah satu ritual ibadah bagi umat muslim. Percaya atau nggak, ternyata puasa punya banyak dampak bagus bagi kesehatan.

Nggak harus ingin kurus, orang yang rutin puasa sunah insya Allah bisa lebih sehat daripada yang lainnya, lho. Dan penting bagi muslim untuk menata niatnya supaya jangan sampai berpuasa hanya karena ingin langsing dan lupa apa makna dari puasa sesungguhnya 🙂

5. Banyak Minum Air Putih

Ingin diet, tapi malas minum air putih? Please, sebaiknya kamu mulai rajin minum air putih, yang banyak, biar lemak cepat rontok..hihi.

Tubuh kita terdiri dari banyak cairan bahkan lebih dari 50% lho. Dan cairan ini sangat membantu saat kita menjalankan diet. Banyak-banyaklah minum air putih karena air tidak mengandung kalori kecuali kamu tambahkan gula di dalamnya.

Dalam diet OCD misalnya, kita dilarang sarapan tapi diperbolehkan minum air putih banyak-banyak saat merasa lapar karena air saja tidak akan membuatmu gemuk. Jika kamu diet, mulailah mencintai kebiasaan minum air putih entah demi kesehatanmu atau demi menurunkan berat badanmu. Akan sangat membantu dan bekerja!

Itulah 5 hal yang perlu kamu perhatikan saat hendak menjalankan diet sehat. Nggak sulit, tapi butuh disiplin dan konsisten menjalankannya. Kenapa sedikit saja yang berhasil? Rata-rata mereka nggak bisa sabar menahan godaan, padahal katanya pengen banget sehat dan punya tubuh ideal?

 

Featured image: Photo on Pexels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *