andorra

5 Fakta Andorra, Negeri di Atas Awan dengan Pemandangan Memesona

Dears, jika dibandingkan dengan negara lainnya di Benua Eropa, mungkin nama Andorra yang paling jarang didengar, ya. Negara yang beribu kota di Andorra La Vella ini merupakan sebuah negara di benua Eropa yang berbatasan langsung dengan Prancis dan Spanyol.

Negara Andorra memiliki luas wilayah sekitar 468 kilometer persegi, dan terletak di dataran tinggi pegunungan Pyrenees yang dianggap sebagai dataran tertinggi di dunia. Sudah dapat dibayangkan ya, Dears, betapa memesonanya pemandangan di Andorra.

Nah, jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang negara Andorra, yuk simak lima fakta uniknya berikut ini, Dears!

1. Negara teraman di dunia

Pict by. tribunnews.com

Dears, perlu kamu ketahui bahwa Andorra dinobatkan sebagai negara teraman di dunia. Keamanan luar biasa yang dimiliki oleh negara ini berhasil memunculkan decak kagum bagi siapa saja. Namun, uniknya hal tersebut bukan disebabkan karena Andorra memiliki pasukan militer yang kuat. Akan tetapi karena Andorra memiliki sikap netral sehingga membuatnya tidak pernah mendapat intervensi dari negara mana pun sejak ratusan tahun yang lalu.

Bahkan, Dears, di dalam negeri Andorra sendiri pun sudah tidak lagi ditemukan adanya konflik sejak seribu tahun yang lalu. Pantas ya, Dears, jika disebut sebagai negara teraman di dunia.

2. Tidak memiliki pasukan militer

Pict by. baltyra.com

Fakta unik selanjutnya dari negara Andorra yakni tidak adanya pasukan militer di negara ini. Jadi, jika pun ada, personil militer tersebut hanya bertugas ketika ada kegiatan yang bersifat seremonial saja. Pertahanan negara Andorra dipegang oleh militer Prancis dan Spanyol sedangkan untuk keamanan di dalam negeri sendiri dijaga dengan ketat oleh kepolisian Andorra.

Di negara Andorra juga belaku wajib militer bagi para pemudanya, jadi saat terjadi bencana alam di negara tersebut, maka seluruh warga negara laki-laki yang telah memenuhi syarat diharuskan untuk menjalani wajib militer tersebut.

3. Tingkat kriminalitas di Andorra nol persen

Pict by. kumparan.com

Aksi kriminalitas merupakan tindakan negatif yang pasti ada dan keberadaannya dianggap lumrah terjadi di negara mana pun. Namun, ternyata hal ini tidak akan kamu jumpai di Andorra sejak bertahun-tahun yang lalu. Bahkan, Dears,  persentase tingkat kriminalitas di Andorra hampir menyentuh angka nol persen.

4. Memiliki angka harapan hidup yang tinggi

Pict by. IDN Times

Fakta unik lain dari negara Andorra yaitu para warganya relatif berumur panjang. Dimana, penduduk Andorra rata-rata memiliki usia hingga lebih dari 82 tahun. Hal ini membuat Andorra masuk ke dalam daftar negara dengan harapan hidup tertinggi di dunia, lho, Dears.

Negeri di atas awan ini memiliki pemandangan serta bentang alam yang sangat indah dan memesona. Sehingga membuat seluruh penduduknya bisa menikmati hidup mereka dengan lebih baik. Hal inilah yang kemudian berpengaruh terhadap peningkatan angka harapan hidup setiap orang di negara Andorra ini.

5. Surga belanja di Eropa

Pict by. motxilatravel.com

Negara Andorra juga terkenal sebagai surganya belanja di Eropa, tepatnya di pusat kota Andorra la Vella banyak ditemukan toko yang menjual aneka macam barang-barang bermerek dengan harga yang lebih murah, seperti barang-barang elektronik, produk fashion, perhiasan, serta parfum. Tak perlu khawatir soal keasliannya karena barang-barang tersebut tersedia di toko-toko resmi dan department store. Bahkan untuk produk elektronik sudah mempunyai garansi internasional.

Nah, itulah lima fakta unik dari negara Andorra, bagaimana, Dears, apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya?

 

Featured image: Photo by  Aviv Perets on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *