5 Catatan Penting Bagi Working Mom yang Ingin Menitipkan Anak Pada Orang Tua

Dears, bekerja atau menjadi ibu rumah tangga merupakan pilihan. Ada beberapa faktor yang membuat wanita ingin tetap bekerja, di antaranya, sayang melepas karir yang telah berada di posisi puncak, menjadi single mom, atau ingin membantu suami mencari tambahan penghasilan.

Para working mom kerap dilema tatkala dihadapkan pada pilihan menitipkan buah hati. Diserahkan pada baby sitter, takut terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Hendak dipasrahkan pada kerabat pun tidak mungkin, sebab mereka tentu mempunyai kesibukan masing-masing. Nah, pilihan terakhir jatuh pada orang tua. Yes, menitipkan buah hati kepada kakek dan nenek. Selain aman, orang tua sendiri pastinya sudah tidak asing bagi anak. Akan tetapi ada beberapa catatan penting yang wajib diperhatikan ibu pekerja yang hendak menitipkan anak pada orang tua. Berikut beberapa di antaranya.

Sebatas Menjaga

Kamu dan orang tua tentu mempunyai cara yang berbeda dalam memperlakukan buah hati. Alangkah baiknya untuk mengomunikasikan segala aturan atau hal-hal yang boleh dan dilarang bagi si kecil, kepada ayah dan ibumu sebelum menitipkannya. Jangan bebankan pengasuhan anak pada orang tuamu. Ingatlah bahwa tugas mereka sebatas menjaga si kecil tatkala kamu bekerja.

Memperhatikan Kondisi Orang Tua

Sebelum memutuskan menitipkan si kecil, lihat dahulu kondisi orang tua. Perhatikan apakah mereka tidak kerepotan tatkala diminta menjaga anak nantinya. Bila kamu melihat fisik ayah-ibumu tidak memungkinkan lagi, maka segera cari alternatif lain. Misalnya dengan menitipkan anak ke day care tepercaya.

Lengkapi Kebutuhan Anak

Kamu juga harus memastikan segala kebutuhan anak sudah lengkap sebelum berangkat kerja, Dears. Mandikan dan ajaklah buah hati makan lebih dahulu. Apabila waktu tidak memungkinkan untuk menunggui buah hati menghabiskan sarapannya, kamu cukup menyiapkan bekal. Jangan lupa berikan orang tua uang sebagai pegangan, ya.

Tetap Luangkan Waktu untuk Si Kecil

Kendati sibuk, kamu harus tetap meluangkan waktu untuk si kecil. Tidak mau, kan, kalau nantinya buah hati lebih betah bersama kakek-neneknya dibandingkan menghabiskan waktu denganmu? Sempatkan menemaninya bermain sepulang kantor, membacakan dongeng sebelum tidur, atau sekadar mendengarkan ceritanya.

Ucapan Terima Kasih

Beri penghargaan kepada ayah-ibumu dengan senantiasa mengucapkan terima kasih saat kamu menjemput buah hati. Sesekali boleh juga belikan buah tangan atau hadiah kesukaan orang tua. Tindakan ini akan membuat mereka merasa tetap dihargai dan dihormati.

Orang tua tidak akan menuntut apapun kepada anaknya. Kasih sayang mereka sepanjang zaman. Sudah mengurusmu sejak kecil, jangan lantas membebani mereka lagi dengan menitipkan buah hatimu, kecuali apabila tidak ada pilihan lain.

Perhatikan beberapa catatan di atas sebelum memutuskan menitipkan anak pada kakek dan neneknya, ya, Dears. Semoga ayah-ibu kita tetap bahagia di hari tua ditemani cucu tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *