5 Alasan Merantau yang Bisa Dijadikan Panutan, Kamu Termasuk yang Mana, Dears?

Merantau atau pergi dari rumah dengan tujuan tertentu merupakan salah satu cara untuk bisa hidup mandiri. Baik yang sudah memiliki pasangan ataupun yang masih single. Selagi masih muda, cobalah ke luar dari zona nyamanmu. Ke luar dari rumah dan hidup di kota lain dengan tujuan baik akan memberimu banyak pengalaman.

Beberapa di antaranya, ada yang memilih untuk pergi merantau. Namun ada juga yang tetap tinggal di daerahnya sendiri hingga memiliki keluarga baru. Alasan tidak merantau dan tetap di zona nyaman bukan berarti tidak mau mencoba pengalaman baru, tetapi karena orang tua terlalu khawatir dan tak ingin anaknya pergi jauh darinya.

Untuk kamu yang saat ini belum pernah merasakan suka dukanya menjadi anak rantau, berikut kita ulas alasan banyak orang memilih pergi merantau jauh dari kedua orang tuanya.

1. Bosan Hidup di Desa

Bukan hal aneh lagi jika banyak yang bosan hidup di desa dan memutuskan untuk pergi merantau ke kota-kota besar. Alasannya cukup simple, yaitu perkembangan di desa tidak sepesat di kota besar. Padahal, jika semua warga di seluruh desa dikumpulkan, bisa mewujudkan desa yang lebih maju dari sebelumnya, lho.

2. Mencari Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Untuk alasan kedua ini juga masuk akal jika banyak orang memilih merantau ke kota lain. Terutama di kota-kota besar yang UMR-nya lebih tinggi dibanding daerah asalnya. Di kota memang menjanjikan. Buruh digaji dengan upah lebih tinggi, namun jika tak punya keahlian tertentu juga akan kesulitan untuk bisa bertahan hidup tanpa memiliki skill yang bisa dijual.

3. Ikut Teman yang Sukses di Perantauan

Memiliki teman yang sukses di kota orang juga bisa menjadi faktor pendorong seseorang untuk pergi merantau. Dengan harapan, si teman bisa membantu mendapatkan pekerjaan yang layak dan bisa sukses untuk dibanggakan pada orang tuanya di desa.

4. Kuliah di Universitas Ternama

Nah, untuk anak muda yang mengidam-idamkan kuliah di universitas favorit juga akan merantau dan ke luar dari zona nyamannya yang hanya berkutat di kota tempat kelahirannya. Kuliah di universitas di kota lain yang memiliki akreditasi baik merupakan suatu kebahagiaan tersendiri dan menambah daftar pengalaman menarik bisa kuliah di kampus ternama sebagai anak rantau.

5. Tinggal Bersama Pasangan di Kota Lain

Untuk yang terakhir ini, mungkin hanya berlaku bagi orang yang sudah menikah dan memiliki pasangan di luar kota, sehingga bisa merasakan hidup dengan keluarga baru yang jauh dari orang tua dan beradaptasi dengan kondisi yang berbeda dari sebelumnya.

Yap! Itulah beberapa alasan seseorang memilih untuk merantau. Pergi merantau memang banyak manfaatnya karena melatih untuk hidup mandiri dan tidak melulu bergantung pada orang tua. Akan tetapi, jika ada alasan tertentu yang menghalangi untuk merantau juga tak masalah, Dears, asalkan kita tetap merasa bahagia menjalani hidup.

Poin penting saat merantau adalah seberapa kuat seseorang mampu beradaptasi di tempat baru untuk waktu yang lama. Karena percuma saja jika ingin merantau tapi tidak cukup kuat mental menerima kondisi hidup serba sendiri dan minim bantuan dari orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *