4 Manfaat Sedekah, Ternyata Ada Hubungannya dengan Hormon Endorfin

Dears, bukan rahasia lagi jika sedekah memiliki segudang manfaat positif yang terkadang tak mampu dinalar oleh logika. Mungkin ada sebagian kita yang berpikir, mana mungkin sesuatu yang kita keluarkan untuk orang lain bukannya habis, tetapi justru semakin bertambah banyak balasannya. Tetapi di situlah letak kekuasaan Allah Yang Maha Kaya.

Bahkan Allah Swt telah berjanji di dalam QS. Al Baqarah ayat 261, bahwa pahala sedekah akan dibalas hingga 700 kali lipat.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui..”

Tidak hanya sampai di situ. Faktanya, ternyata sedekah mengandung banyak sekali manfaat. Tidak hanya berkaitan dengan kemurahan rezeki, namun juga meluas hingga ke berbagai aspek lain dalam kehidupan.

 

Sedekah Menolak Bala dan Musibah

“Wahai Anak Adam, kosongkan gudangmu untuk memenuhi apa yang ada di sisi-Ku. Niscaya engkau akan selamat dari kebakaran, kebanjiran, pencurian dan kejahatan… “

(HR. Thabrani dan Baihaqi)

Tak terhitung berapa banyak bencana yang telah melanda negeri kita. Ini sebenarnya suatu petunjuk dari Allah bahwa kita seharusnya mulai melakukan introspeksi diri dari lingkungan yang terkecil. Mengajarkan dan mempraktikkan keikhlasan bersedekah dari lingkup keluarga dan anak-anak kita menjadi salah satu hal yang penting untuk mulai kita lakukan.

Sedekah Memperpanjang Usia dan Memudahkan Sakaratul Maut

Sahabat Amr bin Auf meriwayatkan hadits dari Rasulullah Saw,

“Sesungguhnya sedekah seorang Muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat berbangga diri darinya.”

(HR. Thabrani).

Sedekah Menyembuhkan Penyakit dan Membuat Bahagia

Sedekah ternyata juga dapat menjadi obat bagi penyakit yang kita derita, sekaligus memperbanyak hadirnya hormon endorfin (hormon bahagia) dalam tubuh manusia, seperti dilansir dalam American Journal of Public Health (2013). Peneliti Allan Lukas menemukan fakta bahwa orang yang ikhlas membantu orang lain ternyata mampu terhindar dari masalah stres dan depresi dalam kehidupannya.

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah, dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.”

(HR Thabrani).

Sedekah Memudahkan Terkabulnya Hajat

Dears, apakah kamu memiliki hajat atau keinginan yang belum terwujud? Jangan putus asa dulu. Cobalah rutin bersedekah, paksa, dan biasakan menjadi rutinitas. Insya Allah apa yang menjadi hajat baikmu akan Allah mudahkan terkabul dengan jalan yang tak disangka-sangka olehmu.

“Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya, hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.”

(HR. Ahmad)

 

Luar biasa, bukan, manfaat sedekah? Bukan satu dua orang yang telah memberikan testimoni tentang keajaiban sedekah ini.

Jika kamu belum pernah mengalaminya, jangan ragu lagi untuk memulai perbuatan mulia ini sekarang juga. Sebaliknya, jika kamu pernah merasakan keajaibannya, mulailah berbagi motivasi dan kisah inspirasi agar banyak orang lain mengalami keajaiban seperti dirimu.

Selamat bersedekah, ya, Dears! Nantikan keajaiban yang akan datang menghampirimu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *