4 Makanan Khas Tahun Baru Ini Kaya Akan Filosofi

Dears, pergantian tahun adalah salah satu momen yang sangat berarti. Saat di mana kita dan keluarga dapat bermain dan berkumpul bersama orang tersayang untuk menikmati gegap gempita tahun baru. Namun, momen kumpul-kumpul tak akan lengkap kalau tak ada makanan, bukan?

Nah, beberapa makanan khas tahun baru ini mungkin bisa menjadi pendamping saat berkumpul bersama keluarga ketika tahun baru nanti.

1. Olahan Ikan Herring (Polandia)

Foto: merdeka.com

Ikan herring, merupakan makanan khas tahun baru yang wajib ada dan disantap warga Polandia. Ikan dengan sisik berwarna keperakan ini melambangkan kemakmuran dan kekayaan, juga simbol keberuntungan. Karena itu, warga Polandia percaya bahwa semakin banyak jumlah ikan herring saat pergantian tahun, maka semakin banyak pula rezeki yang mereka dapat di tahun-tahun selanjutnya. Salah satu olahan dasar ikan herring yang wajib disantap adalah acar ikan herring dengan bawang atau saus.

2. Toshikoshi Soba (Jepang)

Foto: matcha-jp.com

Soal makanan khas tahun baru, Jepang juga hadir dengan toshikoshi soba. Mi dari biji soba yang khusus disajikan saat pergantian tahun baru ini menjadi simbol pemutus kesialan agar tak terjadi di tahun selanjutnya karena tekstur mi soba yang memang mudah putus. Selain itu, ada yang menganggap bahwa mi soba perlambang umur panjang, sesuai dengan bentuk mi soba yang memang terkenal panjang. Uniknya, toshikoshi soba haruslah dimakan sebelum pukul dua belas malam dan harus dihabiskan tak bersisa. Jika disisakan sedikit saja, itu bisa membuat rezeki yang kita terima akan berkurang.

3. Darehats (Armenia)

Foto: boiteagouter.over-blog.com

Ini dia, makanan khas tahun baru warga Armenia yang wajib berada di meja makan. Darehats adalah roti berbentuk bulat pipih sebesar ukuran pizza yang diberi berbagai isian dengan harapan semua orang yang memakannya akan mendapat keberuntungan di tahun selanjutnya.

4. Tteokguk (Korea Selatan)

Foto: koreanbapsang.com

Tteokguk atau sup kue beras adalah salah satu kudapan khas di Korea Selatan yang wajib disantap saat hari pertama tahun baru sebagai lambang keberuntungan. Sup dari kue beras yang diiris tipis-tipis ditambah kucai, daging sapi, dan telur goreng, dimasak dalam kaldu tulang sapi yang menyegarkan membuat kalian ketagihan untuk memakan makanan khas tahun baru ini.
Membayangkannya saja sudah membuat air liur menetes, ya, Dears!

Nah, itu dia beberapa makanan khas dari berbagai negara yang menemani meriahnya perayaan tahun baru. Bagaimana dengan daerahmu, adakah makanan khas tahun baru yang wajib disajikan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *