4 Macam Takjil yang Hanya Dapat Dinikmati saat Ramadan di Daerah Asalnya Saja

Halo, Dears

Beragam kuliner khas Ramadan bisa kalian temui di berbagai tempat kuliner atau perbelanjaan. Namun, ada beberapa sajian yang hanya bisa ditemui di daerah tertentu dan tidak akan ditemui selain di kota asalnya, karena sajian ini adalah wisata turun temurun dan resep pembuatannya hanya warga setempat yang tahu.

Nah, kamu penasaran kuliner apa saja itu? Yuk, berikut ini kita kupas sajian khas berbagai daerah di bulan Ramadan.

1. Kue Kicak Cuma Bisa Ditemukan di Yogyakarta

Foto: kumparan.com

Kicak merupakan makanan yang berbahan dasar singkong, biasanya menjadi menu berbuka puasa dan hanya ditemukan saat bulan Ramadan. Kudapan ini hanya ada di Yogyakarta, tepatnya di Kampung Kauman.

Kicak terbuat dari parutan singkong, dibalut dengan daun pisang dan dikukus sampai matang. Setelah dingin, dipotong berbentuk kotak dan dimasukkan ke dalam air gula yang sedang mendidih selama 30 menit. Angkat dan siap disajikan.

2. Sate Susu Cuma Ada di Bali

Foto: Liputan6.com

Berbeda dengan namanya, sate susu bukan berasal dari susu, tetapi dari puting sapi. Sate susu hanya bisa kita temui di Bali, tepatnya di Kampung Jawa. Biasanya masyarakat muslim di Bali menyantap sate susu di bulan Ramadan.

Bahan sate susu tergolong langka dan sulit, jadi wajar jika harganya mahal. Untuk pembuatannya, sama seperti sate pada umumnya, menggunakan kacang sebagai bumbunya sebelum dipanggang.

3. Gulai Siput dari Riau

Foto: Tribunnews.com

Kuliner yang berasal dari Riau ini banyak sekali digemari. Sama seperti gulai lainnya dengan kuah kental, tetapi yang membedakan adalah komposisi bahan menggunakan siput khusus yang ukurannya kecil. Biasanya gulai siput menjadi salah satu menu saat berbuka puasa bersama nasi hangat.

Bahan untuk membuat gulai siput adalah santan, parutan kelapa, bawang merah, bawang putih, dan jeruk nipis. Haluskan semua bahan tersebut dan campurkan bersama siput. Lalu, rebus hingga mendidih dan siap disajikan.

4. Sotong Pangkong di Pontianak

Foto: Kalimantan Barat

Selain Yogyakarta, Bali dan Riau, ternyata Pontianak juga memiliki makanan khas Ramadan yang tentu tidak kalah nikmat. Sotong pangkong adalah hidangan yang disajikan pada minggu terakhir Ramadan.

Sotong pangkong terbuat dari cumi yang dikeringkan dan dipanggang, lalu dipipihkan. Cara penyajiannya pun cukup unik, yaitu dibalur dengan sambal kacang atau sambal ebi sebagai saus.

Nah, Dears, sudahkah kamu menikmati hidangan khas Ramadan di atas? Jika belum, patut kalian coba saat berkunjung ke kotanya, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *