3 Manfaat Air Kelapa Muda Ini Bikin Kamu Takjub, Dears!

Dears, saat cuaca panas, pasti segar sekali kalau kita minum air kelapa muda. Ternyata dibalik kesegarannya, air kelapa muda mengandung banyak zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Banyaknya manfaat tersebut membuat air kelapa muda sering dicari untuk mencegah tubuh dari kondisi dehidrasi. Lalu, apa saja sebenarnya kandungan air kelapa muda? Kamu bisa melihatnya di tabel bawah ini :

Sumber : ejurnal.litbang.pertanian.go.id

 

Pada tabel di atas dapat dilihat bahwa kandungan zat dalam air kelapa muda sangat banyak dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, membantu tubuh dalam pemulihan penyakit, dan bahkan untuk menjaga kecantikan.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak penjelasan mengenai manfaat air kelapa muda berikut ini, Dears!

1. Sebagai Diuretik

Air kelapa muda mengandung unsur Kalium (K) yang tinggi. Oleh karena itu, air kelapa muda berperan penting dalam meningkatkan frekuensi buang air kecil sehingga membantu pembuangan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Hasilnya, organ ginjal menjadi lebih sehat dan dapat mencegah penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi). Selain itu, air kelapa muda juga dapat menjadi minuman yang baik bagi penderita diabetes.

2. Membantu Penyembuhan Penyakit di Saluran Pencernaan

Secara alami, air kelapa muda mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga mempunyai kesetimbangan elektrolit yang sama dengan cairan tubuh. Hal inilah yang membuat air kelapa muda diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi (susah buang air besar), cacingan, infeksi kandung kemih dan gangguan ginjal.

3. Menjaga Kecantikan Wajah

Dears, kamu bermasalah dengan kulit wajah?Mencuci muka dengan air kelapa muda secara rutin dapat menghilangkan jerawat dan bintik-bintik hitam pada wajahmu, lho. Fungsi lainnya adalah untuk mencegah keriput pada wajahmu.

Air kelapa muda akan lebih baik khasiatnya apabila diminum dalam keadaan asli dan masih fresh (baru dikeluarkan dari dalam kelapa) tanpa penambahan es batu, sirup, gula dan zat tambahan lainnya.

Untuk membantu penyembuhan penyakit, lebih baik gunakan air kelapa hijau, yaitu air dari kelapa yang masih sangat muda. Ciri -ciri kelapa hijau adalah apabila di kupas kulit kelapa berwarna merah muda, isi di dalam kelapanya hanya air saja, dan biasanya daging buahnya masih sangat sedikit.

Nah, mulai sekarang rajin-rajinlah minum air kelapa muda, ya,  Dears, agar tubuh tetap sehat dan wajah tetap cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *