3 Fakta Unik Kampung Pulo, Salah Satu Destinasi Wisata Unik di Kota Dodol Garut

Garut, bukan hanya terkenal akan keindahan alamnya atau pun dodol sebagai makanan khasnya. Di sana juga terdapat kampung adat yang bernama Kampung Pulo, yang letaknya berada di kompleks Candi Cangkuang. Agar bisa masuk kesana , kamu harus menyeberangi danau terlebih dahulu dengan menggunakan rakit.

Kampung Pulo ini ternyata memiliki 3 fakta unik yang mungkin belum banyak orang tahu, Dears. Kira-kira apa saja ya faktanya? Yuk, kita simak 3 di antaranya.

1. Larangan Menambah Bangunan dan Kepala Keluarga

Menurut juru pelihara Candi Cangkuang, Umar, penduduk Kampung Pulo merupakan keturunan dari almarhum Eyang Embah Dalem Arif Muhammad yang memiliki tujuh anak, enam di antaranya adalah perempuan dan satu laki-laki.
Inilah yang melatarbelakangi mengapa di kampung Pulo hanya terdapat 6 bangunan rumah dan 1 mushola. Rumah tersebut diperuntukkan untuk putri-putri Eyang dan mushola untuk anak laki-lakinya. Bangunan itu tidak boleh ditambah, karena merupakan simbol putra-putri Eyang yang berjumlah tujuh orang, sehingga jika ada anaknya yang menikah, maka diharuskan untuk keluar dari Kampung Pulo

2. Larangan Menabuh Gong Besar

Larangan menabuh Gong besar ini berkaitan dengan anak laki-laki Eyang yang meninggal saat akan disunat. Waktu acara tersebut, diselenggarakan arak-arakan sisingaan dan diiringi dengan gamelan menggunakan gong besar. Saat itu mendadak ada angin badai yang membuat anak laki-laki itu jatuh dari tandu dan meninggal dunia. Maka dari itu, diadakan larangan menabuh gong besar, agar kejadian serupa tidak terulang menimpa keturunan yang tinggal di Kampung Pulo.

3. Larangan Beternak

Bagi masyarakat yang tinggal di Kampung Pulo, terdapat larangan beternak. Larangan ini dikarenakan masyarakat di sini mencari nafkah dengan bertani dan berkebun, sehingga ada kekhawatiran hewan tersebut dapat merusak sawah dan kebun mereka. Selain itu, di sana juga terdapat banyak makam yang dianggap keramat. Jika ada hewan ternak ditakutkan akan mengotori makam keramat itu.

Nah, Dears, itulah 3 fakta unik Kampung Pulo di Garut yang belum banyak diketahui traveller. Buat kamu yang berniat jalan-jalan ke Garut, Kampung Pulo ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang tepat untuk kamu kunjungi, lho! Yuk, main ke Garut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *