10 Tanda Bayi Sedang Tumbuh Gigi, Kamu Sebagai Ibu Wajib Tahu

Dears, bayi biasanya akan rewel dan sulit ditebak apa maunya ketika hendak tumbuh gigi. Tentunya para ibu yang tidak mengenali tanda-tanda bayi yang sedang tumbuh gigi akan panik dan khawatir. Apalagi tanda ini bisa muncul 2-3 bulan lebih awal sebelum waktu tumbuh gigi. Oleh sebab itu, kamu jangan sampai kecolongan ya, Dears.

Pada umumnya pertumbuhan gigi pada bayi baru terjadi di usia 6 bulan, meskipun ada juga bayi yang giginya tumbuh lebih cepat, sekitar usia 4 bulan. Namun, kamu tidak perlu khawatir bila lewat dari 6 bulan gigi si kecil belum muncul juga. Bahkan gigi pertama bayi yang tumbuh di usia 12 bulan masih dianggap wajar dan sehat.

Nah, agar kamu sebagai ibu tidak bingung, berikut adalah 10 tanda gigi bayi mau tumbuh yang perlu kamu ketahui,

Mengeces

Bayi ngeces, itu sudah biasa. Tapi tak perlu heran saat si kecil lebih sering mengeces dari biasanya, karena itu pertanda sebentar lagi gigi bayi akan segera tumbuh. Saat akan tumbuh gigi, bayi memproduksi banyak air liur, itulah sebabnya ia mudah mengeces.

Bila tanda ini mulai muncul, kamu harus rajin membersihkan air liurnya ya, agar bayi tidak mengalami ruam-ruam di sekitar mulut. Gunakan kain lembut, tisu steril, atau celemek khusus bayi yang mudah menyerap air untuk mengusap air liurnya.

Batuk atau Muntah

Bayi juga akan mudah tersedak bila berusaha menelan air liur yang memenuhi mulutnya. Hal inilah yang membuat si kecil ketika mulai tumbuh gigi mudah batuk atau muntah. Tapi kamu tak perlu khawatir, selama batuk atau muntah yang dialami si kecil tidak disertai penyakit lain seperti flu dan diare.

Suka Menggigit

Tanda lainnya adalah bayi akan menjadi si tukang gigit. Yup, bayi yang mau tumbuh gigi pasti suka menggigit apa saja yang ia temui, apalagi saat menyusu.

Agar terhindar dari gigitan si kecil, kamu bisa menyelipkan jari di antara gusi bayi lewat ujung bibirnya kemudian ingatkan dengan lembut bahwa gigitannya bisa membuat ibunya kesakitan. Nah, karena bayi sudah suka menggigit, kamu sudah bisa memberikannya theeter, mainan yang memang khusus untuk digigit bayi.

Sering Terbangun di Malam Hari

Tanda tumbuh gigi pada bayi juga dapat diketahui dengan memperhatikan pola tidur bayi. Pola tidur bayi yang mau tumbuh gigi biasanya akan terganggu, terutama di malam hari.

Bila tidak mengenali gejala yang satu ini, kamu pasti akan bingung kenapa si bos kecil sering terbangun dan rewel di malam hari dengan sebab yang tidak jelas. Padahal sebenarnya saat itu bayi terbangun karena merasa tidak nyaman dengan gusinya yang sakit dan gatal. Rasa sakit dan gatal ini dapat dikurangi dengan menggosok gusi si kecil menggunakan jari atau kain dingin yang lembut dan bersih, agar bayi merasa lebih nyaman.

Sering Menangis

Tanda yang satu ini wajar terjadi, karena bayi mengalami peradangan yang menyebabkan rasa nyeri. Rasa nyeri yang tak tertahankan itulah yang membuat bayi sering menangis. Untuk meredakan nyeri, berikan makanan yang teksturnya lembut dan dingin seperti yogurt atau mainan theeter yang sebelumnya sudah didinginkan di dalam kulkas.

Menarik-narik Telinga dan Menggaruk Pipi

Perhatikan juga bila bayi sering menarik-narik telinga maupun menggaruk pipi. Bayi yang sedang tumbuh gigi biasanya akan melakukan dua gerakan ini karena merasa tidak nyaman dengan gusinya yang terasa gatal. Gusi, telinga dan pipi memang berada dalam satu syaraf, sehingga rasa gatal yang muncul pada gusi akan berimbas pula pada pipi dan telinga si kecil. Agar tidak terluka karena hal ini, kita bisa mengalihkan perhatiannya dengan mainan theeter. Pastikan juga kuku bayi pendek dan bersih.

Memasukkan Tangan ke dalam Mulut

Apakah bayi sering memasukkan tangan ke dalam mulut? Jika iya, bisa jadi ia sedang mengalami tumbuh gigi. Selain menarik-narik telinga dan menggaruk pipi, bayi yang mau tumbuh gigi juga kerap melakukan hal ini karena rasa tidak nyaman dan gatal yang muncul. Pastikan saja tangan bayi selalu bersih, ya, Dears!

Tidak Nafsu Makan

Jika bayi  tiba-tiba menolak menyusu atau makan, kamu jangan langsung panik, ya. Umumnya bayi yang akan tumbuh gigi pasti kehilangan nafsu makan. Hal ini sangat wajar terjadi, karena mulut si kecil terasa tidak nyaman. Teruslah berusaha memberi ASI maupun makanan dengan tekstur yang bersahabat. Namun bila bayi tetap menolak menyusu atau tidak mau makan sama sekali sebaiknya segera hubungi dokter.

Demam

Bila tiba-tiba kamu mendapati si kecil demam, kemungkinan demam ini  terjadi karena peradangan pada gusi. Tak perlu khawatir karena demam saat mulai tumbuh gigi biasanya tidak terlalu tinggi. Bila demam bayi mencapai 38 derajat celsius ke atas, berarti dapat dipastikan bahwa penyebabnya bukan karena gigi yang mau tumbuh.

Gusi Bengkak

Nah, untuk memastikan apakah si kecil benar mengalami tumbuh gigi atau tidak, kamu bisa mengecek gusinya, ya. Umumnya bayi yang akan tumbuh gigi mengalami gusi bengkak, merah, dan tampak memar. Apalagi bila sudah tampak adanya gigi yang muncul secara samar di dalam gusi tersebut, berarti sudah jelas bahwa bayi sedang mengalami tumbuh gigi.

Itulah 10 tanda si kecil sedang mengalami tumbuh gigi. Tentunya, kamu sebagai ibu tak perlu panik dan khawatir bila suatu hari mendapati bayi mulai mengalami tanda-tanda tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *