10 Makanan Ini Punya Racun Alami, Dears, Waspadalah!

Dears, gaya hidup sehat sedang menjadi tren di kalangan milenial dengan mengonsumsi aneka buah, sayur serta biji-bijian yang kaya akan serat, protein dan vitamin. Namun ternyata, dari banyaknya jenis makanan yang baik untuk kesehatan tubuh, ada beberapa yang memiliki racun alami dan jika dikonsumsi akan berbahaya untuk tubuh.

Efek yang ditimbulkan pun beragam, mulai dari pusing, mual, bahkan ada yang sampai membuat lumpuh. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena jika mengolahnya dengan benar, racun alami tersebut bisa hilang. Kira-kira makanan apa saja, ya? Kita intip, yuk!

1. Kacang Merah

Foto: Pexels.com

Kacang merah dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan nutrisi, sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun hati-hati, kacang merah juga mengandung fitohemaglutinin, yaitu zat racun yang dapat mengakibatkan mual, muntah, bahkan diare. Sebaiknya kacang merah jangan langsung dikonsumsi ya, Dears. Rebuslah terlebih dahulu agar zat racunnya hilang.

2. Leci

Foto: Pexels.com

Buah dengan rasa manis dan segar ini ternyata tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong. Leci mengandung zat MCPG, yang menghambat produksi gula dalam tubuh dan efeknya dapat menyebabkan tubuh tiba-tiba menjadi lemas.

3. Seledri

Foto: Pexels.com

Seledri sebenarnya aman-aman saja untuk dikonsumsi, namun jika dipanaskan dua kali maka zat nitrin yang terkandung di dalam seledri akan keluar. Zat nitrin pada seledri dapat memicu kanker.

4. Singkong  

Foto: hellosehat.com

Singkong juga mempunyai zat racun, yaitu glikosida sianogenik. Zat ini dapat menyebabkan mual, muntah dan pusing. Nah, saat hendak mengonsumsi singkong pastikan kamu mengupasnya terlebih dahulu, lalu dicuci dan direbus hingga matang.

5. Tomat

Foto: pexels.com

Tomat diketahui kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit, namun pada tomat yang masih mentah dan berwarna hijau ada kandungan yang sangat berbahaya, yaitu glikol koloid. Jadi pastikan untuk memilih tomat yang benar-benar sudah matang agar terhindar dari racun alaminya, ya.

6. Apel

Foto: pexels.com

Hampir semua orang menyukai buah apel. Selain rasanya yang manis, kandungan vitamin serta serat yang tinggi membuat buah ini banyak digemari. Namun siapa sangka jika apel juga mempunyai racun alami yang terdapat pada bijinya. Biji apel mengandung racun amygdalin yang dapat mengeluarkan sianida. Jadi mulai sekarang, pastikan jika mengonsumsi apel jangan dengan bijinya ya, Dears!

7. Bayam

Foto: pexels.com

Sama seperti seledri, bayam juga jika dipanaskan 2 kali dapat mengeluarkan racun alaminya, yaitu asam oksalat. Kandungan zat racun ini juga akan keluar jika bayam dimasak terlalu matang. Asam oksalat merupakan salah satu zat yang dapat memicu kanker.

8. Ceri

Foto: pexels.com

Buah yang imut dan manis ini ternyata sama seperti apel. Dalam biji ceri terdapat kandungan racun alami yang dapat menyebabkan lumpuh. Pastikan hilangkan bijinya terlebih dahulu sebelum kamu mengonsumsi ceri.

9. Zucchini

Foto: pexels.com

Jenis labu kecil yang dipanen sebelum matang untuk dijadikan sayuran ini jika dikonsumsi tanpa direbus akan sangat berbahaya. Zat racun cucurbitacin yang terkandung dalam zucchini ini dapat menyebabkan kram perut, muntah, bahkan pingsan.

10. Jengkol

Foto: Pexels.com

Jenis bahan makanan yang biasa diolah dengan dijadikan semur atau rendang ini ternyata memiliki kandungan racun alami. Kandungan zat jengcolid acid yang terdapat pada jengkol dapat menyebabkan kristalisasi pada ginjal. Jadi, jangan berlebihan saat mengonsumsi jengkol dan pastikan higienis saat mengolahnya.

Dears, sehat itu mahal. Jangan sampai salah dan menyesal, ya, karena apabila kita kurang pengetahuan, makanan sehat justru akan membahayakan tubuh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *