jatuh cinta

Muslimah, Ini 3 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Jatuh Cinta

Setiap orang pasti pernah merasakan jatuh cinta. Pada dasarnya, cinta adalah fitrah yang Allah berikan kepada manusia. Melalui perasaan ini, muncul rasa kasih, sayang, ingin memiliki, hingga rela melakukan apa pun untuk orang yang dia cintai. Tak ada yang salah ketika kita jatuh cinta. Permasalahan muncul ketika perasaan cinta ini disikapi dengan cara yang salah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menata sikap agar cinta yang bersemi bisa tumbuh dalam keberkahan Illahi.

1.    Hubungi Allah

jatuh cinta
Foto: lifestyle.okezone.com

Kita memang tidak bisa memilih kepada siapa hati ini berlabuh. Semua itu adalah takdir yang telah Allah tetapkan kepada kita. Rasa simpatik kepada akhlaknya, ibadahnya, tutur katanya, maupun pemikirannya adalah bagian dari takdir Allah. Tak ada yang salah dengan hal ini. Tapi sikap kita selanjutnya yang perlu kita pertimbangkan agar perasaan ini mendatangkan keberkahan dari Allah azza wa jalla.

Perkara cinta adalah perkara yang besar. Hal ini yang nantinya akan menentukan langkah kita selanjutnya, masa depan kita, serta kehidupan berumah tangga kita nanti. Tentu kita tidak ingin tersiksa karena mencintai laki-laki yang salah. Apalagi jika nanti sampai berlanjut ke jenjang pernikahan. Jangan sampai laki-laki yang awalnya tampak baik, berubah menjadi dingin dan kerap mendzalimi kita.

Kita tak tahu mana laki-laki yang paling baik untuk kita. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu kita lakukan ketika jatuh cinta adalah menghubungi Allah. Lakukan sholat istikharah untuk memohon petunjuk kepada Allah. Kemudian, libatkan Allah dalam setiap langkah yang akan kita ambil.

2.    Kendalikan perasaan

jatuh cinta
Foto: Pexels.com

Ketika jatuh sedang jatuh cinta, kendalikan perasaan yang ada. Jangan sampai rasa cinta kita kepada laki-laki itu melebihi cinta kita kepada Allah dan Rasul-Nya. Setampan apapun dia, sebijak apapun dia, kita tetap harus mengutamakan Allah dan Rasul-Nya.

Jika kita mampu mengendalikan perasaan ini, kita akan mampu berpikir secara objektif. Kita tidak akan dibutakan oleh perasaan kita. Kita pun tidak akan keliru dalam mengambil keputusan. Kita dapat menggali lebih dalam karakter, latar belakang, visi ke depan yang dia miliki, dll. Kita juga dapat membaca kekurangan yang dimiliki olehnya. Hal ini tentu bukan untuk mencari kesempurnaan, tapi untuk menentukan sikap kita selanjutnya.

3.    Gunakan Syariat Islam Sebagai Payung Hukum

jatuh cinta
Foto: Pexels.com

Islam telah menawarkan solusi untuk kita ketika jatuh cinta, yaitu dengan menikah. Bukan dengan berpacaran, adik-kakak-an, TTM-an, atau yang lain. Kita tidak bisa menggunakan langkah yang keliru semacam itu sebagai motif untuk kenal lebih dalam. Kita perlu memperhatikan batas-batas syariat yang ada. Setiap interaksi yang kita lakukan harus ditemani oleh mahram kita. Hal ini untuk menghindari khalwat (berdua-duaan). Topik yang digunakan sebagai bahan diskusi pun harus jelas dan fokus untuk bekal menikah nanti. Bila telah cocok, tibalah saatnya untuk khitbah.

Pada proses khitbah ini, kita punya kebebasan untuk menunggu dikhitbah atau mengajukan khitbah. Tak ada yang salah bila perempuan mengajukan khitbah. kemuliaan perempuan juga tiak akan jatuh hanya karena mengajukan khitbah terlebih dahulu. Hal ini pun pernah dicontohkan oleh Ibunda Khadijah radiallahu anhu ketika melamar Rasulullah. Setelah mengamati kepribadian Rasulullah, Beliau pun mencurahkan semua perasaannya kepada sahabatnya, Nafsah binti Muniyah. Kemudian Nafisah pun menyampaikannya kepada Rasulullah dan menganjurkannya untuk menikahi Khadijah. Beliau pun setuju dan mendatangi paman Khadijah untuk menyampaikan lamarannya. Tidak lama setelah itu, pernikahan pun dilangsungkan.

Nah, Dears, seperti itulah yang perlu dilakukan ketika sedang jatuh cinta. Jangan sampai salah mengambil langkah. Meskipun kerap membutakan mata dan hati, sejatinya kamu masih bisa melakukan banyak hal positif dan sesuai syariat untuk mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *