malang flower carnival

Malang Flower Carnival, Parade Kostum Unik di Kota Malang yang Sayang Untuk Kamu Lewatkan!

 

malang flower carnival
Foto: travel.tempo.co

Sudahkah Estrilookers mengagendakan Malang sebagai kota yang layak dikunjungi bulan September ini? Jika jawabannya iya, kamu sudah tepat sekali, Dears.

Kota Malang memang menjadi salah satu destinasi wisata yang sudah termasyur. Bukan hanya menawarkan keindahan alam dan juga wahana wisata yang menarik, berbagai parade unik juga diadakan untuk menobatkan Malang sebagai kota yang wajib disambangi para traveler. Apalagi pada bulan September ini, kota Malang akan menggelar karnafal yang seru dan selalu menyedot perhatian bernama MFC (Malang Flower Carnival).

MFC adalah Karnaval Bunga Malang yang digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dan didukung oleh Kementerian Pariwisata untuk mengembangkan pariwisata dalam negeri. Malang Flower Carnival pertama kali diadakan pada tahun 2012 dan diadakan setiap tahun. MFC tahun ini akan digelar pada  tanggal 16 September 2018. Dengan adanya MFC, maka diharapkan industri dan pariwisata di Malang semakin maju dan berkembang, bukan hanya di dalam negeri, bahkan di luar negeri, sehingga mengangkat nama Indonesia dalam bidang pariwisata.

Sebenarnya, apa, sih, yang menarik dari MFC? Simak yuk, ulasannya, Dears.

Karnafal dengan Kostum Daur Ulang yang Unik

Seluruh peserta karnaval harus memakai busana yang terbuat dari bahan daur ulang. Kostum mereka rata-rata berukuran jumbo dan berbobot lebih dari lima kilogram.

Busana cantik nan unik inilah yang menambah daya tarik tersendiri. Penggunaan bahan daur ulang sendiri dimaksudkan agar mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sebagai wujud kepedulian lingkungan.

Untuk tahun ini, ketentuan karakter busana peserta harus berornamen bunga sebanyak 75 persen. Tema bunga pada Malang Flower Carnival dipilih karena menurut Kepala Dinas Pariwisata Malang, Ida Ayu Ade Wahyuni, Malang adalah pusat bunga Jawa Timur. Jadi, tema bunga pada MFC sudah cocok kan, Dears?

Hanya Boleh Sekali Menang

Tahu tidak, Dears, para peserta yang sudah menjadi pemenang di tahun-tahun sebelumnya dilarang berkompetisi lagi di tahun yang akan datang. Mereka hanya diperbolehkan tampil dalam parade Grand show. Jadi, menang hanya sekali untuk memberi kesempatan kepada peserta lain berkompetisi pada tahun-tahun berikutnya. Hmm, cukup fair kan, Estrilookers?

Jumlah Peserta yang Meningkat dari Tahun ke Tahun

Pada tahun 2016, jumlah peserta MFC sebanyak 115 peserta. Sementara tahun 2017 sebanyak 214 peserta. Lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, dengan derasnya promosi oleh pihak panitia dan dukungan dari berbagai pihak, maka dipastikan jumlah peserta akan bertambah.

Peserta tidak hanya datang dari Malang, tapi juga kota-kota lain seperti Jember, Banyuwangi, Probolinggo, Pasuruan, Surabaya, Blitar, Bondowoso, Kediri, dan Nganjuk. Semakin banyak jumlah peserta maka diharapkan juga berdampak pada kunjungan wisatawan. Tahun 2017 lalu, lebih dari 5000 pengunjung yang datang untuk menyaksikan MFC.

Wah, tentunya hal ini akan menunjang semakin populernya kota Malang sebagai tempat wisata ya, Dears. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Deputi direktur Kementerian Pariwisata, Esti Reko Astuti, bahwa MFC selain dapat mengembangkan kreativitas para desainer lokal juga membantu perkembangan potensi wisata kota.

Hadiahnya Besar

Karnaval ini terdiri dari dua kategori yaitu kategori anak dan dewasa. Para peserta akan melenggang sepanjang jalan Ijen yang digunakan sebagai catwalk MFC.

Para pemenang dipilih berdasarkan keunikan, keindahan, dan gerakan tariannya. Untuk tahun 2018 pasti akan berbeda dari tahun sebelumnya baik dari tema, busana para peserta, ataupun tariannya agar penonton tidak bosan. Hadiah untuk para pemenang sangat besar Ladies. Tahun lalu saja, MFC berhadiah Rp 40 juta. Para pemenang juga berkesempatan tampil dalam parade kostum di luar negeri, lho.

Bagaimana Dears, Menarik bukan? Pastinya Malang Flower Carnival sangat seru dan meriah untuk dinikmati, ya. Tentunya bagi Estrilookers yang suka berfoto, selfie dengan peserta MFC yang berkostum unik akan instagramabel banget dan sayang untuk dilewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *