hutan mangrove kulon progo

Hutan Mangrove Wana Tirta Kulon Progo, Wisata Konservasi Bakau Nan Cantik dan Instagramable, Cari Tahu Faktanya di Sini Yuk, Dears!

Sebagai kota budaya, wisata dan kota pelajar, Yogyakarta memiliki potensi kekayaan alam yang sungguh luar biasa. Jika dahulu kala masyarakat luar Yogya hanya mengenal jalan Malioboro, Kraton, Tugu Yogya, candi Prambanan, atau gunung Merapi sebagai obyek wisata di sana, maka saat ini keindahan alam Yogyakarta semakin bertambah dengan banyaknya tempat-tempat wisata yang instagramable. Bukan hanya di wilayah kota saja, melainkan mencakup wilayah kabupaten lain di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu tempat wisata dan obyek foto menarik yang menunggu untuk kamu kunjungi adalah hutan mangrove di dusun Pasir Mendit, desa Jangkaran, kecamatan Temon, kabupaten Kulon Progo. Letak hutan mangrove ini berdekatan dengan lokasi pantai Congot yang hanya berjarak sekitar 15 menit, sehingga banyak wisatawan yang mengira wilayah hutan mangrove masuk dalam lingkungan pantai Congot.

Dears, berikut ini 3 fakta penting yang sebaiknya kamu tahu sebelum memutuskan mengunjungi wisata hutan mangrove ini.

Merupakan Tempat Konservasi Alam, Khususnya Tanaman Bakau

hutan mangrove kulon progo
Foto: phinemo.com

Hutan mangrove Kulon Progo yang diberi nama hutan mangrove Wana Tirta ini telah direncanakan oleh pemerintah setempat sejak tahun 1989 untuk tujuan mulia konservasi mangrove (bakau). Untuk kamu ketahui, tanaman bakau ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi ekosistem di sekitarnya, khususnya untuk mencegah adanya abrasi atau erosi air laut. Abrasi adalah terkikisnya pantai akibat adanya tekanan gelombang dan air laut.

Pilihan Editor:

Mau Liburan Dalam Negeri Rasa Luar Negeri? Kunjungi 3 Tempat Wisata di Malang Ini, Asli Kece Banget

7 Fakta Masjid Agung Jawa Tengah, Salah Satu Masjid Termegah di Indonesia

Malang Night Paradise, Wisata Malam Bertema Glowing dengan Suguhan Spot Selfie yang Memanjakan Mata

 

Memiliki Banyak Spot Menarik dan Instagramable

hutan mangrove Yogyakarta
Foto: jadditahu.com

Hutan mangrove Wana Tirta yang terletak di pesisir selatan Kulon Progo ini sebenarnya tidak terlalu luas. Jangan pernah membayangkan hutan bakau di sini lebat dengan tanaman mangrove yang rapat. Meskipun demikian, kamu tidak perlu kecewa, karena obyek wisata ini menyediakan banyak spot menarik yang dapat digunakan untuk sarana berfoto bersama keluarga dan pasangan. Ada spot jembatan cinta, spot gitar, ayunan, dan terdapat pantai Pasir Kedungan untuk kamu yang kangen dengan lembutnya pasir pantai dan gemuruhnya deburan ombak.

Tips Berwisata ke Hutan Mangrove

hutan mangrove kulon progo
Foto: wisatahits.com

Untuk kamu yang ingin mengunjungi hutan mangrove ini sebaiknya hindari berkunjung pada siang hari. Sinar matahari yang terik dijamin akan membuatmu kurang nyaman berada di tengah jembatan bambu kala menikmati indahnya hutan ini. Pilihlah waktu di pagi atau sore hari, sambil menikmati sunset ketika matahari nyaris tenggelam dalam dekapan bumi.

Selain masalah waktu kunjungan, perhatikan juga untuk membawa lotion anti nyamuk, karena pada beberapa lokasi di hutan ini masih sangat lembab dan nyamuk gemar hinggap di sekitarnya.

Itu dia Dears, fakta singkat yang wajib kamu pahami sebelum berkunjung ke obyek wisata edukasi ini. Masih banyak hal menarik yang tidak mampu tertuang hanya dalam sebentuk tulisan. Makanya, buruan atur waktu buat berkunjung ke Jogja dan mengabadikan momen terbaikmu di antara romantisnya sunset dan tumbuhan bakau di tempat ini. Come on!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *