Churros, Donat Khas Spanyol yang Bikin Nagih!

churros
Foto: taste.com.au

Siapa sih yang enggak tahu Churros? Yap! Donat khas Spanyol ini begitu populer dan kerap dijadikan camilan untuk mengisi waktu luang. Churros awalnya hanya disajikan manis, tanpa tambahan apa pun. Berbeda dengan sekarang, Churros yang memiliki bentuk memanjang ini telah disajikan dengan beragam filling dan dipping sauce seperti lelehan cokelat dan karamel yang legit.

Nah, rupanya kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah, lho, Dears. Caranya cukup mudah, dan tidak memerlukan bahan yang rumit. Kamu juga bisa mengajak buah hati untuk membantu, misalnya dengan menaburkan gula halus setelah Churros matang dan hendak disajikan.

Nah, berikut resep Churros yang cukup populer di Indonesia saat ini.

Bahan yang harus kamu siapkan:

250 ml susu cair

125 gram butter

30 gram gula kastor

125 gram terigu protein sedang

3 butir telur

1 sdt vanilla cair

Topping:

Secukupnya gula kastor

1 sdt bubuk kayu manis

Cara membuat:

  1. Campur susu cair, butter, dan gula dalam panci. Panaskan hingga mendidih. Matikan api.
  2. Masukkan tepung terigu, aduk-aduk sampai kalis dan adonan tidak menempel pada sisi panci. Biarkan adonan dingin.
  3. Masukkan telur satu persatu ke dalam adonan yang telah dingin. Gunakan mixer untuk hasil lebih cepat. Lakukan sampai telur habis dan adonan menjadi kental dan mengilap.
  4. Masukkan adonan ke dalam piping bag. Jangan lupa pakai spuit yang ada di rumahmu, Dears. Jenisnya bisa apa saja.
  5. Panaskan minyak, semprotkan adonan di atas minyak yang telah panas. Potong adonan sepanjang 10cm. Goreng selama 2-3 menit hingga keemasan dan matang sempurna.
  6. Angkat dan biarkan dingin.
  7. Beri topping atau taburan berupa gula halus dan bubuk kayu manis. Kamu juga bisa menyantapnya dengan selai cokelat, lho. Keduanya tak kalah lezatnya.

Resep diolah dari Cookpad.com/Fitri Sasmaya

Taraa! Churros buatanmu sudah siap, Dears. Ternyata mudah sekali, ‘kan membuatnya? Yang merasa belum ahli di dapur pun bisa banget mencoba resep satu ini. Jadikan Churros sebagai camilan favorit keluarga di akhir pekan. Selamat mencoba, ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *