inspirator dalam menulis

5 Perempuan Muslimah Ini Patut Kita Jadikan Inspirator dalam Menulis, Mana yang Kamu Idolakan?

Dunia literasi sekarang sudah banyak dibanjiri penulis-penulis perempuan yang produktif. Terkadang tanpa terasa warna tulisan kita dipengaruhi tulisan-tulisan para penulis terdahulu. Ini bukan plagiat, lho. Setidaknya mereka menginspirasi kita untuk terus menulis dan menghasilkan karya.

Begitu juga dengan keberadaan penulis muslimah yang sangat banyak menghasilkan karya. Meskipun ada puluhan atau mungkin ratusan penulis, berikut akan kita bahas 5 penulis yang menginspirasi.

  1. Pipiet Senja
inspirator dalam menulis
Foto: emir.co.id

Pipiet senja adalah sosok yang sangat menginspirasi. Dengan penyakit thalasemia yang dideritanya, bunda Pipiet tidak menyerah begitu saja. Dalam kondisi harus ditransfusi darah seumur hidupnya justru menjadi penyemangat untuk melahirkan karya. Ratusan atau mungkin ribuan cerpen, cerita anak dan puisi bunda ciptakan. Ratusan novel pun lahir dari tangan panas seorang Pipiet Senja. Karyanya antara lain: Biru yang Biru (1978), Sepotong Hati di Sudut Kamar (1979), Orang-orang Terasing (1985), Bunga-bunga Surga (1994), Lukisan Rembulan (2003), dan Jenderal Kancil (2004).

  1. Asma Nadia
inspirator dalam menulis
Foto: Instagram.com/asmanadia

Asma Nadia adalah sosok pendiri Forum Lingkar Pena. Ini adalah sebuah wadah bagi penulis yang ingin belajar dan mengembangkan tulisannya. Asma Nadia selain menulis juga rajin menularkan ilmunya kepada para penulis pemula. Karya-karya bunda Asma Nadia diantaranya, Pesantren Impian (2000), Meminang Bidadari (2000), Rembulan di Mata Ibu (2001), Dialog Dua Layar (2002), dan Catatan Hati Seorang Istri (2006). Beberapa karyanya pun ada yang diadaptasi menjadi film dan sinetron.

  1. Helvy Tiana Rosa
inspirator dalam menulis
Foto: Instagram.com/helvytianarosa

Helvy Tiana Rosa adalah kakak kandung penulis Asma Nadia. Keduanya memang sangat menyukai dunia satra. Terbukti bunda Helvy pun melahirkan banyak karya, diantaranya novel Ketika Mas Gagah Pergi (2016) yang diangkat menjadi film dan diproduseri sendiri oleh bunda Helvy. Sebagai seorang penulis, bunda mendapatkan banyak penghargaan diantaranya, Athirah Award sebagai tokoh penggerak sastra Indonesia (2015), Tokoh sastra inspiratif Festival Sastra Islam Nasional (FSIN) Award (2015), dan Danamon Award (2008) mengusung FLP (Forum Lingkar Pena) yang didirikan bersama adiknya.

  1. Oki Setiana Dewi
inspirator dalam menulis
Foto: Instagram.com/okisetianadewi

Oki Setiana Dewi lebih dikenal sebagai seorang pemeran film. Lewat perannya dalam film Ketika Cinta Bertasbih, nama Oki Setiana Dewi pun melejit. Namun, sepertinya dia tidak begitu konsisten di dunia film. Artis ini pun lebih banyak bergelut dengan dunia dakwah dengan mengisi beberapa acara di televisi maupun off air. Ternyata, artis yang lahir pada tahun 1989 ini pun merupakan seorang penulis juga. Beberapa buku yang lahir dari pemikirannya antara lain: Melukis Pelangi: Catatan Hati Oki Setiana Dewi (2012), Cahaya di Atas Cahaya: Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi ( 2012), dan Hijab I’m in Love (2013).

  1. Indari Mastuti
inspirator dalam menulis
Foto: Instagram.com/emakbelajarbisnis

Hidup di era digital membuat segala sesuatu menjadi sangat mudah. Begitu juga yang terjadi dengan bunda Indari Mastuti. Melalui internet, bunda mendirikan komunitas IIDN (Ibu-ibu Doyan Menulis) dan IIDB (Ibu-ibu Doyan Bisnis). Bunda Indari bukan hanya seorang penulis, tetapi juga seorang pebisnis yang ingin menularkan ilmunya kepada siapa saja, termasuk para pemula. Melalui karya-karyanya dan inspirasinya mengantarkan bunda Indari Mastuti meraih beberapa penghargaan antara lain: Perempuan Inspiratif Nova (2010), juara 2 Wirausaha Muda Mandiri (2012), 100 perempuan pilihan Indonesia mengubah dengan cinta Sunlight (2013).

Itulah 5 perempuan muslimah yang menginspirasi kita untuk terus menulis dan berkarya, Jadi, kalau kamu baru mencoba menulis beberapa cerita dan belum sukses, yuk jangan patah semangat. Karena semangat itu pula kunci untuk meraih kesuksesan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *